Home » , » Solusi Hilangkan Tulisan Periksa Meteran Listrik

Solusi Hilangkan Tulisan Periksa Meteran Listrik



Solusi Hilangkan Tulisan Periksa Meteran Listrik _ Beberapa kasus kadang terjadi pada kwh listrik prabayar, salah satu yang sering terjadi adalah munculnya tulisan periksa di kwh atau meteran listrik prabayar. Penyebabnya ada beberapa hal, pada beberapa kasus ingin membuka atau memindahkan cover/box meteran listrik. Untuk alasan tersebut, secara otomatis memicu tombol temper yang terdapat pada kwh dan muncullah tulisan periksa. Istilah munculnya tulisan periksa ini kadang disebut error, listrik prabayar error, tombol temper aktif. Beberapa solusi dari masalah ini akan saya share kepada pembaca agar bisa mengaktifkan kembali meteran listriknya, atau menghilangkan kata periksa tersebut pada meteran. Informasi ini saya bagikan berdasarkan pengalaman, dimana saya juga pernah mengalami hal serupa pada kwh meter. Solusi yang dimaksud adalah melakukan reset pada meteran/ kwh listrik prabayar yang bersangkutan. Untuk melakukan reset tersebut, bisa mendatangkan petugas PLN ke rumah, atau bisa juga meminta kode reset kepada pihak PLN dengan cara menghubungi langsung pihak PLN, tergantung mana yang memungkinkan. Atau jika sudah punya kode reset, bisa langsung menggunakan kode tersebut untuk mengaktifkan kembali listrik prabayar anda.

1.        Gunakan kode Clear Temper
Jika kebetulan anda baru saja melakukan pemasangan/ instalasi listrik prabayar dirumah, petugas biasanya akan memberikan semacam kode rahasia (termasuk clear temper) bersamaan dengan id card. Termasuk juga bagi anda yang mendapatkan kode kode rahasia tersebut dan masih menyimpannya, cara ini sangat berguna untuk mereset kwh dengan mudah. Kembali ke permasahan yaitu menghilangkan tulisan periksa, silahkan lihat daftar kode dan temukan kode untuk Clear Temper. Kode clear temper terdiri dari beberapa digit dan masukkan kode clear temper tersebut ke meteran, seperti halnya anda memasukkan token, beberapa saat setelah muncul tulisan BENAR, berarti anda sudah berhasil mereset meteran. Jika anda tidak memiliki kode tersebut, silahkan simak cara yang ke dua, berikut.

2.        Minta bantuan Petugas PLN Terdekat
Cara berikutnya untuk melakukan reset atau menghilangkan tulisan periksa listrik prabayar adalah dengan memanggil petugas PLN yang terdekat di lokasi tempat tinggal anda. Petugas akan datang dan mengatasi permasahan error pada meteran listrik anda tersebut. Anda mungkin akan diminta id card yang terdaftar, oleh petugas yang kemudian akan melakukan reset pada listrik prabayar anda. Ini adalah cara kedua tercepat mengatasi/ menghilangkan tulisan periksa kwh listrik.

3.        Hubungi Call Center PLN
Cara berikutnya adalah dengan cara menghubungi CS PLN. Hubungi pihak PLN di nomor 123 dan jelaskan permasahan anda, mengenai kwh listrik error, muncul tulisan periksa tersebut. Mengenai permasahalan tersebut, laporan anda akan segara ditindaklanjuti oleh pihak PLN. Petugas akan segera datang ke alamat anda. Atau jika beruntung, anda akan dikasih kode reset/ clear temper untuk melakukannya sendiri (reset).

Cara terakhir ini adalah cara yang pernah saya lakukan waktu itu ketika meteran listrik saya error (muncul tulisan periksa) dan minta direset. Namun waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah ini lebih dari 24 jam. Sampai pada akhirnya saya telfon kembali CS PLN karena petugas tidak datang, justru diberi kode Clear temper dan saya berhasil melakukan reset. Demikian info kali ini, beberapa solusi yang mungkin bisa berguna untuk mengatasi permasalahan error, solusi reset, menghilangkan tulisan periksa di meteran listrik.

0 komentar:

Post a Comment

Search This Blog