Home » , » Tidak Lulus Ujian Teori Praktek SIM C, Lalu?

Tidak Lulus Ujian Teori Praktek SIM C, Lalu?



Tidak Lulus Ujian Teori Praktek SIM C, Lalu? Proses pembuatan SIM C yang memerlukan waktu, biaya, dan tenaga ini memang selalu punya cerita menarik dibalik prosesnya. Tidak lepas dari masalah yang sering dihadapi khususnya ketika pertama kali mengajukan pendaftaran permohonan SIM C baru yakni tidak lulus ujian teori maupun ujian praktek yang dihadapi oleh seluruh peserta yang ingin diterbitkan SIM Cnya..

Berbicara mengenai pembuatan SIM C, untuk saat ini sudah ada aplikasi online untuk permohonan sim c baru secara online lewat aplikasi Si Promo Polda Riau selengkapnya baca Disini.

Tidak tanggung tanggung, ada juga peserta yang harus berkali kali gagal dalam proses ujian teori, atau malah di praktek.. kerena berbagai hal, tapi rata rata, diantara ujian tes untuk mendapatkan SIM C tersebut, ujian teorilah yang menjadi musabab para peserta gagal..

Usut punya usut, ujian teori cukup sulit dan boleh dikata sebelas, duabelas dengan Ujian Nasional.. ladalahh.. sementara untuk ujian praktek sim C yang bakal dilakoni oleh peserta/pemohon setelah lulus di ujian teori, terasa tidak begitu sulit dan rata rata lolos pada tahap ujian praktek ini, setidaknya begitu yang saya lihat di POLRES Rokan Hulu Tempat saya mengurus membuat SIM C baru kemarin.

Tapi tentu ujian teori pembuatan SIM C tidak seseram itu, sebetulnya bisa disiasati dengan beberapa trik berikut.. hanya saja tidak boleh menganggap enteng ujian teori dan praktek jika ingin mendapatkan SIM C tanpa harus bolak balik ke Polres alias mengulang, sehingga akan memakan lebih banyak waktu maupun biaya..

Di POLRES Rokan Hulu, terdapat ruang ujian teori untuk semua jenis permohonan SIM baru baik SIM A maupun SIM C. Ujian teori menggunakan unit komputer dengan sistem video AVIS, semacam video animasi yang menampilkan aktifitas pengendara sepeda motor di jalan raya.. apa apa yang ditampilkan adalah mengenai cara berkendara, rambu rambu lalu lintas, tindakan pengendara dengan total jumlah soal 30 buah dimana setiap soalnya anda perlu menjawab benar atau salah yang dilakukan si pengendara??

Tips: untuk soal ujian teori pembuatan sim C berupa video AVIS/ animasi ini ada cukup banyak soal yang diacak untuk setiap peserta, namun tidak jarang soal yang sama akan muncul pada anda saat menjalani ujian.. cukup perhatikan soal-soal yang muncul beserta kunci jawaban sambil menunggu giliran. Namun di Polres lain ada juga yang menggunakan sistem ujian teori berbasis teks dengan pilihan jawaban a, b, c untuk yang satu ini bisa dicari pembahasan soal dan jawabannya di google..

Dalam menjawab sebanyak 30 soal ujian teori tersebut, setidaknya peserta harus benar 25 soal dan hanya boleh salah maksimal 5 untuk dapat lulus.. jika dinyatakan lulus, anda akan menjalani ujian selanjutnya yaitu ujian praktek namun jika gagal di ujian teori anda masih harus mengulang di minggu depan alias tidak bisa mengulang pada hari itu juga.. begitu juga dengan ujian praktek jika gagal di praktek harus mengulangnya minggu depan..

Jika kedua ujian ini berhasil dijani dengan lancar dan benar, pada hari itu juga sim C anda akan diterbitkan.  tapi ini adalah yang tidak biasa dalam proses pembuatan sim c.. faktanya yang sering terjadi adalah sebagian besar peserta galal dalam menjalani ujian teori maupun praktek, lalu?? Peserta baru akan diberi kesempatan mengulang pada minggu depan di Polres tersebut..

Setidaknya seperti itu juga yang saya alami, harus mengulang di ujian teori tapi alhamdulillah di waktu kunjungan yang kedua kali ke polres tersebut lulus baik ujian teori dan praktek lulus sehingga SIM Cnya langsung diterbitkan, karena beberapa soal yang muncul sama dengan kemaren begitu juga dengan ujian praktek yang  sudah sering diamati di halaman polres alhamdulillah semuanya lancar.. meski harus mengulang..

0 komentar:

Post a Comment

Search This Blog