Home » , » Mengembalikan Akun Google yang dibajak/ Disusupi orang Lain

Mengembalikan Akun Google yang dibajak/ Disusupi orang Lain

Mengembalikan Akun Google yang dibajak/ Disusupi orang Lain. Akun disusupi atau dibajak oleh orang lain? Apakah hal ini mungkin terjadi? Disadari atau tidak sebenarnya akun google anda tetap rentan untuk diambil alih atau disusupi oleh orang lain/ peretas, apalagi anda tidak memberikan keamanan yang lebih pada akun google anda. Pada postingan sebelumnya, blog GALITRIK telah memberikan cara/ tutorial bagaimana cara memproteksi akun google anda oleh apa yang disebut dengan Verifikasi 2 langkah. Verifikasi 2 langkah sejatinya bisa menjadi tembok keamanan akun google anda agar lebih aman dari yang namanya pembajak atau peretas akun, dengan memasang atau mengaktifkan verifikasi 2 langkah di akun anda, berarti anda telah mempersiapkan lapisan keamanan yang lebih ketat lagi pada akun anda.

Yang mungkin perlu anda ketahui tentang verifikasi 2 langkah; Untuk masuk ke akun anda yang sudah diaktifkan verifikasi 2 langkah, tidak cukup dengan username dan password, namun dengan kode tambahan yang dikirimkan ke ponsel anda setiap kali anda login sehingga akun lebih aman. Selengkapnya  Tentang verifikasi 2 langkah, anda bisa membacanya Disini.

Bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk memulihkan atau mendapatkan kembali akun google anda yang telah di curi orang lain? Kita tau akun google ini saling terkait dimana satu akun google bisa digunakan untuk seluruh produk google seperti Gmail, Youtube, Blogger, Adsense, Google plus dan sebagainya. Hal ini tentu sangat beresiko jika anda kehilangan akses ke semua akun tersebut. Penting untuk anda selalu memantau akun anda untuk meminimalisir dari adanya kemungkinan terburuk ketika akun anda telah dibajak. Kenapa saya katakan demikian?



Seperti informasi yang termuat dalam laman bantuan Google, Google sendiri sudah menyiapkan beberapa opsi/ bantuan untuk mengatasi akun google yang dibajak atau disusupi orang lain dan pemecahan masalah inipun tergantung dari bagaimana kondisi akun anda saat ini. Apakah anda masih bisa login ke akun anda? Atau anda sudah tidak bisa sama sekali login ke akaun google anda? Mari kita bahas keduanya untuk menyelesaikan masalah akun google anda berdasarkan kondisi terakhir akun anda saat ini.

1.      Anda masih bisa masuk ke akun

Anda merasa akun google anda telah disusupi namun anda masih bisa masuk/ login ke akun google anda? Google selalu memberi tahu jika ada aktifitas yang mencurigakan pada akun anda. Pada kasus ini mungkin anda pernah mendapatkan email dari google tentang adanya aktifitas yang mencurigakan? Misalnya saja anda menerima email yang dari google yang menjelaskan bahwa ada perangkat lain, dilokasi lain yang menggunakan akun anda/ login ke akun anda?

Saya sering mendapatkan pesan tersebut dari google ketika saya login ke akun saya melalui komputer umum yang ada di warnet, google menginformasikan hal tersebut karena saya login dengan perangkat yang tidak/ biasanya digunakan. Namun saya mengabaikannya karena yang login adalah saya sendiri. Nah, jika dalam kasus pertama ini dimana anda masih tetap bisa login ke akun namun anda merasa bahwa akun anda telah disusupi, yang dapat anda lakukan adalah sebagai berikut;

·         Mengganti kata sandi; segera ganti kata sandi atau password google anda dengan membuka link Ubah Sandi
·         Pemeriksaan keamanan; setelah anda mengganti sandi selesaikan juga pemeriksaan keamanan untuk memastikan bahwa penyusup tersebut tidak mendapatkan kembali akses ke akun anda. Persiapkan juga Verifikasi 2 langkah untuk kemanan lebih pada akun anda, pelajari tentang verifikasi 2 langkah

2.      Anda tidak bisa masuk Ke Akun

Pada kasus yang kedua, akun anda telah dibajak/ dicuri dalam kondisi anda tidak lagi memiliki akses masuk/ login ke akun google anda baik itu Gmail, youtube, Google Plus, Blogger, Adsense dan sebagainya. Dalam hal ini bisa saja penyerang telah mengganti password akun anda sehingga anda tidak lagi bisa login seperti biasanya. Apakah dalam kasus ini akun masih bisa dipulihkan/ didapatkan kembali? Jawabannya adalah tergantung dari kebijakan/ Keputusan google, setelah nantinya anda mengirimkan Formulir Pemulihan Akun. Setidaknya ini cara yang paling tepat jika anda berada pada kasus no 2, dimana anda kehilangan akses ke akun anda. Segera lakukan hal berikut;

Jika anda tidak dapat masuk ke akun, Isi formulir Pemulihan Akun dan google akan memeriksa permintaan anda secepatnya.

Itulah beberapa hal, yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah akun google; akun dicuri, akun dibajak, akun disusupi. Yang mana ini merupakan masalah yang serius lebih lebih mereka dapat menyalahgunakan akun anda. Berdasarkan laman bantuan google, ada ciri-ciri yang paling mendasar ketika akun anda telah disusupi diantaranya adalah;

Tanda-tanda akun disusupi

Akun mungkin telah disusupi jika Anda mengalami salah satu masalah berikut:
·         Anda menerima notifikasi tentang upaya masuk yang tidak biasa dan tidak dikenal.
·         Anda menerima notifikasi bahwa nama pengguna atau sandi telah diubah.
·         Anda tidak mendapatkan email lagi.
·         Anda melihat bilah merah di bagian atas akun yang bertuliskan "Kami mendeteksi adanya aktivitas yang mencurigakan di akun".
·         Di akun Wallet, Anda melihat instrumen pembayaran seperti rekening bank, kartu kredit, kartu debit, atau kartu hadiah yang tidak dikenal di akun atau Anda melihat transfer uang yang dikirimkan ke atau diterima di akun (Anda dapat memeriksanya di wallet.google.com).
·         Anda mendapatkan keluhan dari teman-teman karena mengirim spam.
·         Pesan yang tidak Anda kirim muncul di Pesan Terkirim.
·         "Aktivitas akun terakhir" menunjukkan aktivitas masuk pada waktu yang tidak biasa, atau bukan dari komputer atau perangkat yang biasanya dipakai.
·         Setelan Gmail Anda berubah, tetapi Anda tidak mengubahnya. Setelan tersebut meliputi: penjawab kala libur, tanda tangan, penerusan, filter, bahasa dan lainnya.
·         Ada pembelian di akun Play, tetapi bukan Anda yang melakukannya.
·         Ada video di saluran YouTube Anda yang tidak Anda upload sendiri.

Dari ciri-ciri tersebut dapat dilihat juga beberapa resiko yang mungkin terjadi ketika anda kehilangan akun anda karena disusupi diantaranya mereka bisa menyebarkan spam dan di akun youtube misalnya, mereka bisa mengupload video tanpa sepengetahuan anda.


Semoga dengan cara-cara pemulihan akun google yang telah disebutkan tadi, anda bisa mendapatkan kembali akun anda yang diretas atau disusupi/ dicuri orang lain baik itu akun Gmail anda, akun youtube anda, atau akun google anda yang lainnya. Setelah anda mendapatkan kembali akun anda, jangan lupa untuk mengaktifkan Verifikasi 2 langkah yang mana ini adalah salah satu metode yang disiapkan google untuk melindungi akun anda dari hal-hal seperti misalnya serangan dari peretas ini.

0 komentar:

Post a Comment