Home » » Aplikasi Easy BCD, Solusi Menginstall Windows 7/8 Dengan Hardisk

Aplikasi Easy BCD, Solusi Menginstall Windows 7/8 Dengan Hardisk



Pernah kepikiran untuk menginstal komputer langsung dari hardisk? Tanpa menggunakan media instalasi seperti pada umumnya sebut saja flashdisk, CD, Hardisk eksternal dan sebagainya. Dengan aplikasi easy BCD, kita bisa dengan mudah menginstall windows 7 atau windows 8, maupun windows XP hanya dengan sebuah partisi baru di hardisk. Yap, sebelum melakukan instalasi dengan hardisk langsung, kita perlu membuat sebuah partisi baru untuk bootable, tempatnya file windows yang akan diinstal. Selain itu, pastikan anda punya file instalasi windowsnya, bisa dicopy dari CD atau flashdisk yang sudah ada file windowsnya. Nantinya file windows tersebut di paste ke partisi khusus yang kita buat untuk menginstall windows. Kenapa buat partisi baru? Tentunya agar tidak ada data/file yang terhapus, karna partisi baru ini akan diformat dan dikosongkan dan hanya untuk file windows didalamnya. Kan repot kalau kita menggunakan drive/Data D; yang mana data tersebut adalah data-data penting, pada umumnya, anda pasti menyimpan file file yang sangat penting seperti foto, documen dan sebagainya pada drive tersebut.
 

Aplikasi Easy BCD, adalah sebuah aplikasi gratis sebagai tool bootloader yang dapat memungkinkan kita nantinya menginstall sebuah sistem operasi dengan hardisk. Tentunya cara ini sangat mudah dibandingkan dengan cara lainnya yang memerlukan media instalasi seperti flashdisk, CD dan lain lain, dan lain lain. Saya juga mengetahui aplikasi ini setelah browsing-browsing di internet, tentang bagaimana caranya menginstall windows langsung dari hardisk. Saya lupa apa nama blognya waktu itu, setelah saya ikuti langkah-langkahnya, ternyata berhasil menjalankan proses intalasi windows langsung dari hardisk dengan bantuan software Easy BCD ini. Sampai dengan proses logon ke windows dengan sempurna. Tidak ada yang berbeda dengan cara cara menginstal windows7/8, caranya sama persis, hanya saja kita dalam hal ini menggunakan media instalasi yang berbeda, yaitu hardisk internal.
  

Dengan aplikasi Easy BCD ini, kita dapat menginstall sistem operasi windows 7, windows 8, maupun windows XP langsung dari hardisk. Saya menggunakan Easy BCD versi 2.2 yang saya sendiri tidak tau apakah sudah ada versi terbaru dari aplikasi ini atau tidak. Yang jelas, aplikasi ini gratis dan mudah digunakan. Kali ini saya tidak menjelaskan tentang langkah-langkah menginstal windows 7/windows 8. Namun lebih ke cara menggunakan aplikasi BCD untuk dapat menginstall sistem operasi windows langsung menggunakan hardisk. Untuk langkah-langkah menginstal windows 7 atau windows 8, anda bisa menemukannya di google, sangat banyak blog yang membahas langkah-langkah menginstall windows.
 

Baiklah, beberpa hal yang perlu anda siapkan untuk dapat menginstall windows langsung dari hardisk adalah; yang pertama dan harus anda punya adalah file windows, baik itu windows 7 atau windows 8. Jika anda pernah menginstall windows dengan CD atau flashdisk, anda dapat menyalin seluruh filenya ke partisi baru yang akan dibuat nantinya. Yang kedua adalah membuat partisi baru, membuat partisi tidaklah sulit, anda bisa membacanya pada artikel sebelumnya> Cara Membuat Partisi Baru Di Windows 7/8. Dan yang ketiga adalah aplikasi Easy BCD, yang dapat didownload dengan gratis. Aplikasi ini memiliki size yang bisa dibilang kecil, yaitu hanya sektitar 1.5 MB. Anda bisa mendownload aplikasi ini pada link berikut> Download Easy BCD. Dan berikut ini adalah langkah-langkahnya, menginstall windows dengan hardisk.
  

1.                   Mulai dengan membuat partisi baru di windows 7/8 anda, klik tautan berikut untuk cara membuat partisi baru> Cara Buat Partisi Baru. Ukuran partisi tidak usah terlalu besar, cukup untuk space minimal instalasi windows saja. Saya biasanya menggunakan ukuran 8 GB untuk ruang kosong pada partisi baru ini. Nantinya drive baru tersebut untuk file instalasi windows.

2.                   Setelah selesai membuat partisi baru, sekarang copy semua file instalasi windows dan pastekan pada drive baru yang telah dibuat tadi. Hal ini supaya drive bisa dijadikan bootable untuk menginstall windows7 maupun windows 8.

3.                   Install aplikasi Easy BCD, setelah diinstall buka/jalankan aplikasi tersebut. Sekarang mengubah sedikit pengaturan di aplikasi ini supaya drive yang dibuat sebagai bootable bisa berjalan sebagaimana mestinya, system dapat membaca file windows yang ada di drive sehingga instalasi dapat berjalan.

Pengaturan di Easy BCD;

Buka aplikasi easy BCD, klik kanan pada shortcut, pilih open. Bila ada dialog yang muncul, klik YES.

CARA MENGINSTALL WINDOWS 7/8 DENGAN HARDISK

Buka pada tab NEW ENTRY> perhatikan pada portable/eksternal media.. Klik tab WINPE. Pada bagian Path, klik icon browse di sampingnya dan temukan file boot.wim di drive yang berisi file windows tadi.
 
CARA MENGINSTALL WINDOWS 7/8 DENGAN HARDISK 

Perhatikan folder source, klik ganda pada folder tersebut dan klik ganda pada file boot.wim, tentunya file ini berada di drive yang berisi file dan folder instalasi windows pada drive anda (pastikan anda sudah menyalin file windows ke drive baru yang dibuat tadi)
  
CARA MENGINSTALL WINDOWS 7/8 DENGAN HARDISK

Nah, sekarang komputer sudah bisa boot dengan drive yang dibuat tadi. Close saja aplikasi Easy BCD dan restart komputer. Jangan lupa masuk ke bios, dengan cara menekan tombol F2 atau Del (Setiap komputer mungkin berbeda). Seperti biasa, sekarang setting boot priority. Atur agar hardisk adalah prioritas pertama dalam boot di pengaturan bios (karena kita menggunakan hardisk untuk menginstall).
 
Ikuti langkah-langkah instalasinya seperti biasa. Dan selamat, kini anda berhasil menginstall system operasi windows langsung dengan hardisk. Jangan lupa backup data penting di drive C/System anda ke drive D sebelum menginstall windows 7/8, agar tidak ada data yang hilang. Kiranya itu yang dapat saya bagikan berkaitan dengan artikel kali ini mengenai Aplikasi Easy BCD, Solusi menginstal windows7/8 dengan hardisk.
  
jika sobat mengalami kesulitan, bisa berkomentar di bawah. Jika saya bisa, pasti saya bantu

Selamat Mencoba.,

2 komentar:

  1. Mas aku mau tanya, itu file windows / file instalasi windowsnya itu sblm di copy ke partisi yg baru dibuatnya itu apakah harus diextract dulu menggunakan aplikasi winrar mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung dicopy saja semua file dan folder instalasi dari kaset win 7nya ke partisi baru tersebut, sperti pd gambar diatas. pastikan tidak ada file atau data lain di partisi yang baru dibuat selain file instalasi lalu ikuti langkah selanjutnya

      Delete