Home » » Cara Mengatasi Komputer Yang Lelet

Cara Mengatasi Komputer Yang Lelet

Galitrik- Cara mengatasi komputer yang lelet. Mempercepat kinerja komputer dapat dilakukan dengan mudah sob, dengan melakukan beberapa tips berikut ini semoga dapat mempercepat kerja komputer anda semua. Sebelumnya ada beberapa hal yang menyebabkan komputer lelet, bisa saja virus, system overload komponen rusak dan lain sebagainya. Hal tersebut dapat diatasi dengan solusi yang berbeda beda pula sesuai dengan masalah atau penyebabnya. Namun, cara dan tips umum yang dapat dilakukan untuk mempercepat kinerja komputer adalah sebagai berikut:

Instal Antivirus
Bisa jadi komputer lelet dikarenakan virus yang menggerogoti file dan system komputer anda, jadi pastikan sobat sudah menginstall antivirus pada komputer. Salah satu antivirus terbaik diantaranya smadav, download smadav antivirus Indonesia

Matikan Aplikasi Yang Tidak Digunakan
Durasi anda dalam menggunakan laptop, tidak menutup kemungkinan anda membuka banyak aplikasi sekaligus, oleh karenanya memory komputer akan bekerja dengan berat karna banyaknya RAM yang digunakan aplikasi tersebut. Anda dapat mematikan atau menutup aplikasi tersebut dengan cara klik tombol CTRL+ALT+DEL secara bersamaan kemudain pilih TASK MANAGER. Pilih aplikasi yang akan disclose dan pilih end task.

Gunakan Disk Cleanup Dan Defragmenter
Jalankan fungsi disk cleanup pada komputer sobat juga dapat meningkatkan kinerja komputer, dengan ini disk atau drive pada komputer akan dibersihkan sehingga dapat mempercepat kinerja komputer. Seperti disk C dan Disk D misalnya. Untuk menjalankan disk cleanup, klik start => all program => system tool => disk cleanup. Pilih drivenya dan klik Ok untuk mulai membersihkan disk.

Sementara defragmenter digunakan untuk memadatkan file file komputer anda baik itu yang ada pada drive C maupun D. kalau kita ibaratkan file komputer anda berada pada sekarung file yang disebut drive D. maka fungsi defragmenter adalah memadatkan karung anda tersebut sehingga tidak adalagi ruang ruang kosong yang sebelumnya berada di sela sela file anda. Dengan begitu, akan tersedia space yang lebih karna file anda telah dipadatkan. Untuk menjalankan fungsi defragmenter, klik start => all program => system tool => disk defragmenter.

Install Ulang System Operasi
Yaps, saya juga sering melakukan install ulang pada komputer saya. Dan terbukti, yang dulunya lelet setelah diinstal ulang kinerja komputer seperti baru. Tapi ingat, jangan terlalu sering malukan instalasi ulang pada komputer karna dapat membuat harddisk cepat rusak. Dalam hal ini untuk menginstal ulang windows 7 atau windows 8 anda tidak perlu membawanya ke teknisi. Karna dapat kita lakukan sendiri. Sobat bisa temukan tutorialnya diinternet.

Ingat, menginstal windows itu mudah bahkan tidak jauh beda dengan menginstal aplikasi yang sering anda gunakan. Sayang duitnya gan, lagipula sangat banyak pembahasan di internet mengenai cara menginstal windows 7 maupun windows 8. Terhitung saya sudah 5 kali menginstal komputer sendiri dan selalu berhasil tanpa ada masalah. Kiranya itu yang dapat saya bagikan mengenai cara mengatasi komputer yang lelet. Semoga bermanfaat buat sobat.

0 komentar:

Post a Comment