Home » » Cara Menggunakan Email (surat elektronik)

Cara Menggunakan Email (surat elektronik)

Email adalah singkatan dari electronick mail atau surat elektronik. Dilihat dari pengertiannya maka dapat disimpulkan bahwa email ini adalah layanan surat elektronik, dimana seseorang dapat mengirim dan menerima surat secara elektronik melalu perangkat tertentu dan dilakukan dengan online atau terhubung dengan internet. Adapun perangkat yang dapat digunkan adalah komputer dan juga dapat diakses menggunakan mobile seluler/ hp yang telah memiliki atau memenuhi syarat untuk mengakses email, yaitu harus memiliki fitur atau dukungan untuk mengakses internet.

Saat ini sudah banyak penyedia layanan email ini, seperti google (gmail), yahoo (yahoomail) dan banyak lagi yang lainnya. Sebelum seseorang dapat menggunakan email, maka ia harus memiliki akun emailnya sendiri. Untuk membuat email sangat mudah dan cepat, anda bisa mencari di google.com untuk toturial atau langkah langkah membuat emai. Dan sebelum anda membuat email maka tentukan terlebih dahulu jenis email mana yang anda gunakan, apakah gmail, yahoomail, dan atau yang lainnya.

Saat ini banyak orang yang menggunakan kedua jenis email tersebut. Jika anda bingung untuk menggunakan jenis email yang mana, disarankan menggunakan email milik google, yaitu gmail. Mengapa gmail? Sebenarnya mau yahoo atau email itu sama saja. Hanya saja dengan menggunakan layanan email milik google ini maka email tersebut juga bisa digunakan untuk layanan google lainnya, seperti youtube, google plus, blogger, pisaca dan lain sebagainya. Selain itu jenis layanan email yang satu ini juga paling banyak digunakan orang saat ini.

Jika anda belum memiliki akun email, maka segeralah mendaftar ke gmail, anda dapat membaca langkah langkah membuat email menggunakan gmail pada link berikut; langkah langkah membuat gmail. Silahkan anda ikuti lanngkah langkahnya hingga selesai. Dengan begitu anda akan memiliki akun gmail. Jika anda telah memiliki akun gmail, maka anda dapat menggunakan akun tersebut untuk berkirim surat lewat internet.

Untuk mengirim surat dengan emailpun sangat mudah, jika anda menggunakan gmail, maka pertama tama anda harus masuk ke alamat atau situs berikut www.gmail.com dan pastikan anda sudah mengingat username dan password anda yang anda buat ketika mendaftar ke gmail, hal ini dibutuhkan untuk login atau masuk ke akun email anda. Jika anda sudah masuk ke www.gmail.com maka selanjutnya anda masukkan username dan password anda.

Jika anda sudah memasukkan username dan password dengan benar, maka anda akan melihat dasboard email anda, dimana anda dapat melihat pesan yang masuk ke emaik anda, dan anda dapat menulis surat anda. Untuk menulis surat maka klik pada menu tulis di dashboard email anda.

Hal yang perlu diperhatikan ketika menulis email adalah:
1. Tentukan tujuan/alamat email kemana email anda akan dikirim, contohnya jika anda akan mengirim email kepada teman anda, maka anda harus mengetahui alamat email teman anda tersebut. Begitupun teman anda yang ingin mengerimkan email kapada anda maka dia harus mengerahui alamat email milik anda. Alamat email ini adalah sama dengan usernama atau nama pengguna dari masing masing pemilik email. jika pada gmail alamat email dari setiap usernya diakhiri dengan @gmail.com

2. Setelah anda mengetahui alamat email yang akan dikirim, barulah anda dapat mengirimkan email anda dengan cara memasukkan alamat email tersebut pada form email tujuan yang akan terlihat jika anda menulis surat. Tuliskan surat anda lalu kirim denga cara klik kirim/send.

Itulah dua langkah mudah mengirim email, mudah bukan? Silahkan dicoba dan dipraktekkan. Jika ada pertanyaan silahkan kirimkan pertanyaan anda melalui form komentar dibawah.

0 komentar:

Post a Comment