Home » » Berani Buka Cover KWH-Meter PLN Prabayar, Siap-siap Listrik PADAM

Berani Buka Cover KWH-Meter PLN Prabayar, Siap-siap Listrik PADAM

Berani Buka Cover KWH-Meter PLN Prabayar, Siap-siap Listrik PADAM _ Berawal dari ketidaktahuan dan terkesan sok so’an, beginilah pengalaman lucu yang kali ini akan saya bagikan. Jadi ceritanya bermula dari serombongan pasukan semut yang tidak diundang mendiami box PLN Prabayar saya, entah apa tujuannya tapi yang jelas mereka migrasi begitu cepat, kurang dari 2 hari KWH-Meter listrik prabayar saya sudah penuh, (bukan pulsanya) melainkan Diduduki oleh kawanan semut tersebut. Bisa ditebak apa yang akan saya lakukan? Sudah pasti seketika  saya berpikir dan mencari cara untuk mengusir semut rang rang tersebut dari TKP. Pada waktu itu saya tidak langsung gegabah untuk ngebuka cover pada meteran listrik itu (bukan karena tau bakalan padam listrik), melainkan beberapa cara yang sudah saya terapkan tapi tetap tidak berhasil membubarkan maklumat ini.

Sempat juga ngambil kuas buat menyapu habis si semut, tapi apa daya hanya ada sedikit celah (lubang kecil) di dekat cover kwh meter prabayar ini. Jangkauan maksimal kuas ditangan paling hanya mampu menyolek semut semut molek ini. Sempat bingung karena ga berhasil ngusir semut.  Karena takut meteran/ kwh meternya kenapa kenapa apalagi rusak gara gara di gerogotin semut, akhirnya muncul ide cemerlang untuk membuka cover kwh meter.

Langsung ke TKP meratapi kwh meter yang dihiasi dengan semut-semut cantik yang merayap rayap. Wah, kayanya bisa dibuka nih. Kanapa ga dari tadi aja di buka, buka covernya, tinggal sapu habis semutnya. Langsung sigap ngambil obeng dan mulai buka cover box pln layaknya seorang teknisi yang sedang melakukan perbaikan. Pas cover terbuka, seketika ada bunyi titt.. sekali dan tulisan pada display kwh meter berubah jadi “PERIKSA”, listrik pun PADAM. Oh, mungkin karena covernya terbuka, nanti tulisan periksa juga akan hilang setelah cover dipasang! Keren juga nih meteran. (sambil nyengir..)

Akhirnya hasrat tersampaikan, semut rang rang berhasil di singkirkan. Ternyata kawanan semut ini bertelur di meteran listrik saya. Saking banyaknya serangga ini, sekitar 15 menit baru selesai dieksekusi. Oke, selesai membereskan masalah tersebut cover langsung dipasang lagi. Semenit dua menit kok tulisan periksa belum juga hilang. Alamak, pencet tombol sana sini ga bisa juga. Mungkin masangnya kurang pas, buka lagi dan pasang lagi, tulisan periksa ga juga hilang. Ini rusak ato gimana? Gara-gara semut barusan? Plak.. nepok kening karena ternyata masalah belum selesai.

Sekarang apa? Tanya sama temen lah (*Google, temen yang serba tau). Setelah googling, ternyata tulisan periksa di kwh meter itu ga bisa diatasi sendiri. Mesti melapor ke pihak terkait (PLN) dan minta kode reset. Masih di google, nyari no CS PLN. Saya langsung hubungi nomor 123, saya sampaikan masalahnya bahwa terdapat tulisan periksa di kwh meter. Oleh CS diminta alamat lengkap dan no hp yang bisa di hubungi. Nanti petugas akan datang pak, ditunggu saja..

Sejam dua jam ditungguin ga juga datang datang petugas PLN nya, makin hari makin sore dan alamat sudah, malam ini listrik padam gara-gara semut rang-rang. Besoknya saya telfon lagi dan Tanya kenapa petugas lama sekali datang, akhirnya dibuatkan laporan yang kedua. Tidak lama seorang petugas menelpon dan minta no id PLN saya. Nanti saya kasih kode reset untuk mereset KWH Meter listrik bapak, kode tersebut dimasukkan seperti memasukkan token. LEGA, akhirnya saya bakal dapat juga kode reset tersebut. Begitu dapat kodenya lewat SMS, saya langsung masukkan kodenya dan Alhamdulillah tulisan periksa hilang dan listrik bisa nyala lagi.


Abis ini, ga lagi lagi berani membuka cover di kwh listrik yang ternyata memang gak boleh dibuka sembarangan, kecuali oleh petugas PLN. Untuk KWH meter PLN jenis prabayar, kita tau sekarang bahwa memang tidak boleh di utak atik, resikonya bisa padam listrik, belum lagi harus minta kode reset ke pihak PLN. Ternyata di dalamnya terdapat tombol temper yang apabila cover dibuka, tulisan periksa akan muncul. Tidak ada biaya yang dikenakan untuk mereset kwh menter ini, namun nelpon CS PLN dua kali saya kena pulsa Rp 40.000 tapi Alhamdulillah, akhirnya masalah selesai juga..

0 komentar:

Post a Comment