HP ANDROID Tidak Bisa Terima SMS? Ini Solusinya

HP ANDROID Tidak Bisa Terima SMS? Ini Solusinya _ Ada temen datang sama saya, masalah dengan hp android yang tiba-tiba tidak bisa menerima sms.  Padahal sebelumnya masih bisa menerima sms, sementara itu fungsi yang lain seperti melakukan panggilan, maupun kirim sms dari handphone tersebut bisa. Solusi saya coba cari dari google, ada banyak saran dan cara yang telah dicoba, namun tetap tidak bisa menerima sms dari handphone android tersebut, Alhasil saya coba reset/ kembalikan ke setelan pabrik di hp android tersebut dan ternyata berhasil. Berikut tips dari saya mengenai cara mengatasi hp android yang tidak bisa menerima sms.

Pastikan Simcard Sudah diregistrasi dengan Benar

Untuk masalah yang satu ini, biasanya simcard tidak bisa digunakan sama sekali seperti untuk telfon, sms, bahkan cek pulsa. Pastikan simcard anda sudah diregistrasi dengan benar. Jika kartu sim sudah di registrasi namun masih belum bisa menerima sms, cek solusi berikut ini

Sesuaikan Pusat Layanan SMS/ Pusat Pesan

Dalam kasus ini kartu sim yang digunakan adalah kartu Telkomsel/loop, saya sempat telfon CS Telkomsel 188 untuk informasi pusat layanan sms, Pastikan Pusat layanan SMS telkomsel anda (AS, SIMPATI, LOOP) adalah +6281100000 untuk memeriksanya silahkan buka pesan di android, setelan> Pesan Teks dan klik pada Pusat Layanan SMS

Uninstall Aplikasi MY TELKOMSEL

Saran ini saya dapat dari pihak telkomsel ketika menghubungi 188. Dari beberapa kasus yang dialami mengenai “hp android yang tidak bisa menerima sms” penyebabnya adalah aplikasi my telkomsel. Maka uninstall/ hapus aplikasi ini jika anda pernah menginstallnya.

Kembalikan Android ke Setelan Pabrik/ Reset

Nah, jika ketiga cara tersebut masih belum bisa mengatasi masalah ini maka cara yang paling berhasil menurut saya adalah dengan mereset pengaturan di android ke setelan awal/ setelan pabrik. Cara ini berhasil saya terapkan pada hp android advan yang sebelumnya tidak bisa menerima sms, sekarang sudah bisa menerima sms.

Catatan; sebelum melakukan hal ini, pastikan data dan aplikasi anda sudah di backup, copot kartu memori bila perlu. Beberapa akun google anda seperti play store dan gmail mungkin akan terhenti, masukan akun google (email/password) anda kembali nantinya.

Buka menu pengaturan di Android, pilih menu backup dan reset> Factory data reset ( erares all data) terakhir klik reset. Tunggu proses reset hingga selesai, android akan hidup kembali. Tes dengan mengirim sms kembali ke hp android anda.

Catatan; perlu diperhatikan juga jika memori penuh bisa jadi penyebab masalah ini, solusi bisa dengan menghapus beberapa pesan lama..


Demikian cara cara yang bisa dilakukan, sebagai solusi hp android tidak bisa terima sms, semoga bisa membantu anda yang kebetulan mengalami masalah serupa..

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengisi Kode Pos di Pendaftaran Online Rekening BRI

Cara Membuat Hyperlink Di WPS Android

PLN 123 Tidak bisa dihubungi? Cara Menghubungi PLN (Nomor PLN) dari HP