Home » » Fitur USSD Pada Modem Tidak Bisa Digunakan?

Fitur USSD Pada Modem Tidak Bisa Digunakan?



Fitur USSD Pada Modem Tidak Bisa Digunakan? Apakah anda pernah mengalami aplikasi modem yang suka error ketika digunakan? Terkhusus pada fungsi USSD nya yang sebetulnya sangat berguna buat ngecek pulsa, cek sisa paket, cek gratisan, ataupun melakukan panggilan? Pada kasusnya saya menggunakan modem telkomsel flash, sebelumnya tidak ada masalah dengan modem yang saya gunakan tersebut. Umur modem memang sudah lebih dari setahun, kemudian apakah ini yang menjadi penyebab saya tidak tau juga karena modem sendiri jarang digunakan.

Masalahnya adalah fitur untuk melihat pulsa, melihat sisa paket internet, melihat status paket internet, melakukan panggilan dll atau yang disebut juga dengan USSD di modem tersebut tidak bisa digunakan. Alhasil untuk melakukan hal hal tersebut terpaksa harus mencopot kartu dari modem dan melakukannya di handphone, tentu sedikit merepotkan, karena memang fitur akses kode USSD pada modem, modem merk apapun itu fitur ini sangat penting dan sangat diperlukan. Apa yang menyebabkan fitur USSD Pada modem tidak berfungsi lagi? Mungkin kondisi modem itu sendiri ataupun aplikasinya yang sudah error maka perlu dilakukan install ulang pada modem tersebut di komputer windows anda.

Pertama tama, cobalah meng uninstall aplikasi modem/ driver modem anda pada komputer, kemudian install kembali lalu coba apakah fitur/ Fungsi kode USSD di modem sudah bisa digunakan atau belum. Jika belum bisa cobalah lakukan cara yang kedua. Yaitu dengan cara menghapus atau delete driver modem yang berada pada daftar network di komputer anda. Cara melakukannya adalah sebagai berikut

Perhatikan pada bagian bawah layar desktop komputer anda, terdapat bar network disana. Klik kanan pada bar network tersebut lalu pilih “Open Network and Sharing Center” seperti pada gambar yang berikut ini.


Kemudian pada halaman Network and sharing Center klik “Change Adapter Settings” seperti yang terlihat pada gambar dibawah


Nah, selanjutnya lihat pada network adapter “TELKOMSEL/USB MODEM” (sesuai dengan modem anda) seperti pada gambar dibawah, hapus network telkomsel tersebut/ delete dengan cara klik kanan kemudian pilih delete.

Kemudian setelah itu lakukan juga reinstall pada aplikasi modem anda seperti yang telah disebutkan diatas, pada cara pertama. Restart komputer, kemudian buka kembali aplikasi modemnya dan coba buka menu kode USSD di modem anda apakah sudah bisa digunakan atau belum. Pada kasusnya, apabila fungsi untuk mengirim kode akses seperti cek pulsa, cek paket internet, dll tersebut belum bisa digunakan biasanya aplikasi modem akan error dan not responding ketika anda mengetuk menu “USSD”. Namun jika tidak ada hal ini, berarti anda sudah berhasil mengembalikan fungsi USSD pada modem anda.

Tapi kadangkali cara ini tidak juga berhasil untuk mengembalikan fungsi USSD pada modem, hal ini juga yang saya alami pada modem telkomsel flash saya. Terkadang cara tersebut berhasil namun setelah beberapa bulan kembali lagi bermasalah. Sampai kemudian saya melakukan install ulang system operasi windows 7 di komputer saya, rupanya setelah itu modem bisa digunakan kembali semua menu menunya seperti semula. Namun melakukan install ulang OS windows 7 anda bukan cara yang disarankan kecuali anda memang sudah terbiasa melakukannya.

Itulah info kali ini berkaitan dengan modem yang error, pada fitur/ menu kode USSDnya pada komputer windows. Anda bisa melakukan cara diatas untuk mengatasi masalah kodem USSD MODem yang suka error dan tidak bisa dibuka. Kadang maslah masalah seperti ini memang sering terjadi pada modem, namun sebetulnya dan yang paling penting modem masih bisa digunakan/ masih bisa mebaca simcard dan masih bisa digunakan untuk mengakses internet. Walaupun jika mengalami masalah berkaitan kode USSD tersebut, jadi tidak bisa melakukan/ melihat pulsa, melihat paket internet, bahkan tidak bisa melakukan panggilan dari modem.

0 komentar:

Post a Comment