Masalah printer; tidak bisa print



Masalah printer; tidak bisa print. Ketika mem-print, kertas tetap kosong tidak ada sama sekali tinta yang menempel pada kertas. Secara baru pertama kali menggunakan printer otomatis bingung bukan kepalang kenapa tiba-tiba si printer tidak bisa digunakan untuk mencetak dokumen. Gara-garaya tinta habis, setelah diisi ulang eh tiba-tiba gak bisa mem-print, berkali kali dicoba print yang keluar tetap kertas kosong. Sebelumnya kertas sempat nyangkut di dalam printer dan setelah dikeluarkan masih bisa mencetak satu dokumen, tapi ketika kertas berikutnya, kertas yang keluar malah kosong dan tidak ada sedikitpun tulisan. Waduh, malah buku petujuk ini printer bahasa inggris semuanya plus bahasa china. Akhirnya coba di cleaning dan alhamdulilah bisa mem-print kembali. Berikut cara melakukan cleaning.

Pertama klik CTRL+P di dokumen word, berikutnya klik “properties”

Sekarang masuk ke bagian maintenance dan klik pada cleaning

Terakhir tinggal klik pada “execute” sampai beberapa menit proses cleaning selesai. Jika sudah, hasil tes print akan keluar.


Tinggal mencoba memprint kembali dokumen seperti biasanya. Ternyata setelah di cleaning printer bisa mencetak dokumen kembali, padahal tadinya sempat mengira printer rusak. Sebelumnya saya sempat menekan tombol “stop”  selama beberapa saat tetapi tetap saja tidak bisa.

Barangkali informasi ini bisa membantu mengatasi masalah yang serupa pada printer “tidak bisa print”. Intinya sih gak perlu buru-buru panik atau bagaimana karna memang solusinya banyak bisa ditemukan salah satunya browsing, kadang beda penyebab beda penyelesaiannya.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengisi Kode Pos di Pendaftaran Online Rekening BRI

Cara Membuat Hyperlink Di WPS Android

PLN 123 Tidak bisa dihubungi? Cara Menghubungi PLN (Nomor PLN) dari HP