Mengatasi Lupa Kata Sandi Blog Wordpress/ Reset Password Wordpress



Platform blog  yang gak kalah keren dengan blogger adalah wordpress, saya yakin anda sudah punya blog wordpress. Kali ini masalahnya bukan mendaftar ke wordpress, tapi lupa kata sandi akun wordpress. Lupa password memang sering saya alami, sebenarnya apa yang membuat lupa password akun? Bicara lupa sandi bukan hanya akun wordpress, akun facebook atau google plus saja bisa lupa kalau sudah lama tidak mengakses akun tersebut. Pasti hal yang paling sering menyebabkan lupa password adalah jarangnya mengakses akun yang bersangkutan.


Beberapa waktu yang lalu saya mendaftar ke blog gratis di wordpress, karena lumayan lama gak akses ke akun, akhirnya lupa kata sandi blog wordpress. Kalau sudah begini, otomatis kita harus reset kata sandi. Untuk reset kata sandi, pastilah harus punya akses ke email yang pernah digunakan ketika mendaftar ke wordpress. Saya waktu itu menggunakan email google untuk mendaftar ke wordpress.  Kalau anda lupa kata sandi wordpress, anda dapat mendapatkan akses ke wordpress kembali dengan cara mengganti kata sandi/ memilih opsi lupa kata sandi di wordpress. Pastikan anda memiliki akses ke email yang didaftarkan ke akun wordpress, hal ini supaya bisa dengan mudah mengganti sandi wordpress.
  
Pertama, login ke wordpress, www.wordpress.com klik pada LOG MASUK pada laman wordpress dibagian kanan atas.

 


Pada halaman masuk wordpress, pilih Dan klik pada KEHILANGAN KATA SANDI ANDA?, hal ini jika kita lupa kata sandi wordpress.
  

Pada halaman ini kita dapat mengatur ulang kata sandi dengan catatan: email yang anda daftarkan masih aktif. Seperti petunjuk yang terlihat pada laman wordpress ini, ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan jika kehilangan sandi wordpress;  pertama kita masukan username ataupun email, menuggu email pemulihan dari wordpress, dan mengikuti petunjuk selanjutnya. Nah, pada laman ini, masukkan email/username wordpress anda. Setelah itu, klik GET NEW PASSWORD





Kita akan dibawa kembali pada halaman masuk wordpress, dalam halaman tersebut dapat dilihat pesan; Check your e-mail for the confirmation link. Silahkan buka email anda untuk mengkonfirmasi. Wordpress mengirimi anda email berisi tautan untuk mereset kata sandi wordpress anda, klik tautan tersebut untuk mereset password.

Pada halaman ini anda diminta untuk memasukan password baru (Enter your new password below) silahkan masukan password baru anda untuk akun wordpress tersebut. Setelahnya klik pada RESET PASSWORD. Sekarang password baru inilah yang dapat anda gunakan untuk login kea kun blog wordpress.
 

Setelah password direset, silahkan login kembali dengan email/username dan password yang baru ke wordpress.

Comments

  1. kalo lupa kata sandi juga lupa email tapi blog masih bisa dibuka gmana

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Mengisi Kode Pos di Pendaftaran Online Rekening BRI

Cara Membuat Hyperlink Di WPS Android

PLN 123 Tidak bisa dihubungi? Cara Menghubungi PLN (Nomor PLN) dari HP