Home » » Pengaturan Yang Perlu di Ubah sesuaikan Ketika Membuat Server Linux Debian Di VirtualBox

Pengaturan Yang Perlu di Ubah sesuaikan Ketika Membuat Server Linux Debian Di VirtualBox

Pengaturan Yang Perlu di Ubah sesuaikan Ketika Membuat Server Linux Debian Di VirtualBox

Latihan dan terus latihan demi persiapan ujian kompetensi di SMK Agar semuanya dapat berjalan lancar ketika melaksanan ujian kompetensi. Membuat server linux debian adalah salah satu paket ujian UKK untuk syarat kelulusan sekolah Menengah Kejuruan tersebut. Sebelum benar-benar membuat server yang sebenarnya menggunakan komputer PC, pastilah anda perlu latihan sebut saja dengan aplikasi virtualbox untuk membuat server debian. Dengan aplikasi virtualbox, ada beberapa pengaturan yang perlu diubah sesuaikan ketika akan menguji server lewat browser firefox, terutama pada network adapter/ethernet adapter, Dan berikut adalah beberapa pengaturan yang perlu disesuaikan pada virtualbox ketika membuat server debian.


1. Pengaturan Network pada virtualbox
Klik setting pada latihan anda di virtualbox, lihat pada bagian Network. Ubah attached to dari Nat ubah ke Host-Only adapter. aktifkan network 2 dan ubah juga Nat ke Host-Only Adapter. klik Ok untuk menyimpan pengaturan



2. Pengaturan IP Address pada VirtualBox
Atur alamat IP address dan gateway pada adapter virtual box dengan cara: Buka control panel, klik pada Network and Sharing Center, gunakan pencarian untuk memudahkan.



Klik kanan dan pilih properties pada Virtualbox Host-Only Network. klik dua kali pada Internet protocol version 4 (TCP/IPv4), pilih use the following IP address;


IP address: Isi dengan IP address clien, misal 192.168.10.4
Subnet Mask: isi dengan 255.255.255.0
Default gateway: Isi dengan IP address Server, misal 192.168.10.1
Untuk yang lain dikosongkan saja, klik OK untuk menyimpan pengaturan...


3. Pengaturan Di browser Mozilla Firefox
Untuk mozilla firefox versi 2.7 keatas, agaknya perlu disetting agar bisa terkoneksi untuk menguji server yang telah dibuat. Buka mozilla firefox, Buka Options> Advanced> Network> Klik Settings. ubah no proxy ke Manual Proxy configuration.




Http proxy: isi dengan 192.168.10.1, disesuaikan dengan IP address server
Port: 80
No proxy for: isi dengan 192.168.10.1
Yang lainnya kosongkan saja, klik OK...


Itu dia beberapa pengaturan yang perlu disesuaikan saat latihan membuat server linux debian dengan virtual box, untuk menguji apakah clien dan server sudah terhubung atau belum, silahkan ping dari server ke clien > ping 192.168.10.4 ping dari clien ke server> ping 192.168.10.1, buka browser mozilla firefox dan ketikkan domain yang telah dibuat pada server. kalau berhasil akan ada tulisan IT WORKS!.

Selamat Mencoba...

0 komentar:

Post a Comment