Msconfig: Trik Mempercepat Komputer Anda Ketika Dihidupkan

Msconfig: Trik Mempercepat Komputer Anda Ketika Dihidupkan
Banyaknya aplikasi yang di install di komputer, membuat start up windows menjadi lambat. Banyak program yang secara otomatis akan hadir pada daftar start up ketika anda boot komputer anda yang otomatis membuat komputer akan semakin lambat. Maka dari itu, ada baiknya anda mengetahui cara mendisable atau menonaktifkan beberapa program yang mungkin tidak anda gunakan sehingga akan mengurangi beban komputer pada saat booting dan membuat komputer lebih cepat dan ringan..

Menonaktifkan program startup di windows 7, XP , dan Vista
Untuk beberapa program, ada yang secara otomatis berjalan saat komputer pertama kali dihidupkan atau dengan kata lain mereka ada pada list program startup komputer. Seperti antivirus  misalnya. Bagaimanapun juga, untuk kebanyakan program tersebut, mengaktifkan mereka pada saat boot-up hanya akan memperpanjang waktu startup komputer anda. ada sebuah tool pada windows, yaitu msconfig yang memungkin anda untuk mengetahui program apa saja yang berjalan pada saat startup dan andapun dapat memilih program apa saja yang anda aktifkan ataupun nonaktifkan pada saat komputer di hidupkan. Tool ini tersedia pada windows 7, XP , dan Vista.

PERHATIAN: msconfig dapat digunakan untuk mengkonfigurasikan beberapa program pada startup, jadi hati-hati ketika anda menggunakan tool ini. Anda dapat mengikuti langkah-langkahnya dengan benar berikut ini:

Untuk menjalankan msconfig, buka menu Start dan ketik “msconfig.exe” (tapa tanda kutip) di kotak pencarian. Berikutnya klik enter pada msconfig tersebut.



Jika anda menggunakan windows Xp, buka kotak dialog pada start menu, kemudian ketik “msconfig.exe” klik Ok.

Klik tab Startup pada jendela utama system configuration. Akan terlihat semua daftar aplikasi yang aktif pada startup yang ditandai dengan adanya tanda centang pada masing masing aplikasi. Untuk mencegah agar program tersebut tidak berjalan pada saat komputer strartup, anda cukup menghilangkan tanda centang pada aplikasi dan begitupun sebaliknya. Klik Ok untuk menerapkan pengaturan tersebut.


Jika muncul kotak dialog pemberitahuan kepada anda bahwa mungkin perlu me-restart komputer anda agar perubahan dapat diperbarui. Klik saja Restart pada pesan tersebut. Atau anda dapat merestartnya sesaat kemudian dengan memilih exit without restart..


Menonaktifkan program startup di windows 8, 8.1 or 10
Pada windows 8 dan 8.1 anda dapat dengan mudah menonaktifkan aplikasi startup. Yang harus anda lakukan adalah membuka Task Manager dengan menklik kanan pada taskbar, atau dengan cara menekan tombol CTRL+SHIFT+ESC, klik “More Details”. Pilih tab Startup, dan kemudian gunakan tombol disable.

Msconfig: cara mudah maksimalkan waktu boot komputer, Menonaktifkan program startup di windows 7, XP , dan Vista, Menonaktifkan program startup di windows 8, 8.1 or 10


Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengisi Kode Pos di Pendaftaran Online Rekening BRI

Cara Membuat Hyperlink Di WPS Android

PLN 123 Tidak bisa dihubungi? Cara Menghubungi PLN (Nomor PLN) dari HP