Solusi untuk driver komputer yang belum terinstall

Solusi untuk driver komputer yang belum terinstall| apa itu driver? Driver adalah orang yang berprofesi sebagai supir? Benar. Tapi yang dimaksudkan di sini adalah driver komputer. Driver komputer berguna dan memiliki peran utama dalam pengoptimalan kerja komputer. Sebuah perangkat/ device tidak akan bisa berkerja atau berjalan dengan maksimal jika tidak dilengkapi dengan driver, selain itu jika tidak adanya driver komputer juga dapat membuat beberapa fitur pada komputer anda tidak dapat digunakan sama sekali. contoh yang paling sering dijumpai adalah driver Vga. Anda pernah menginstal komputer? Biasanya ketika selesai menginstal sebuah pc, maka biasanya driver dari Vga belum terinstal, pada keadaan seperti ini anda dapat melihat tidak optimalnya tampilan layar komputer ditandai dengan ukuran layar yang agak melebar, selain itu layar juga terlihat blur atau tidak jelas tampilannya. Hal ini dikarenakan tidak terinstalnya driver vga pada komputer tersebut.

Begitu juga dengan komponen komponen komputer lainnya yang membutuhkan driver untuk menjalankannya. Sebut saja modem, USB port, Network adapter dan lain sebaigainya. Semua komponen tersebut tidak dapat berjalan dengan maksimal tanpa adanya driver. Dalam hal ini, berkaitan dengan solusi mengatasi driver komputer yang belum atau tidak terinstal, ada beberapa cara mengatasinya diantaranya:

mencari /mendownload driver yang belum diinstal di internet yang sesuai atau kompatibel dengan komputer anda dan disesuaikan dengan jenis komponen apa yang belum ada drivernya pada komputer anda. Install driver tersebut. Lihat apakah driver sudah berhasil diinstal atau belum. Untuk mengetahui driver apa saja yang belum atau sudah diinstal pada komputer anda, dapat dilakukan dengan cara berikut:

Buka file explorer lalu klik kanan pada driver komputer (my komputer) dan pilih properties. Pada device manager, anda dapat mengetahui driver apa yang belum terinstall pada komputer. Jika ada tanda segitiga berwarna kuning pada device, berarti driver dari device tersebut belum diinstal.

Cara yang kedua untuk solusi mengatasi driver komputer yang belum terinstal adalah dengan menggunakan situs devid.info, pada device manager, klik kanan pada device yang belum diinstal drivernya kemudian pilih Properties, kemudian pilih details. Pada data interface property pillih hardware ids, copykan salah satu kodenya lalu paste di halaman devid.info pada kolm search. Selanjutnya download dan install driver.

Cara yang ketiga dan yang paling mudah adalah update driver. Melalui device manager anda dapat mengupdate device dengan cara klik kanan pada device kemudian pilih update driver software. Tunggu proses download hingga selesai dan restrart komputer.

itu dia beberapa cara untuk solusi driver komputer yang belum terinstal. Semoga dapat membantu dan terima kasih telah membaca artikel kali ini mengenai Solusi untuk driver komputer yang belum terinstal. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar dibawah.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengisi Kode Pos di Pendaftaran Online Rekening BRI

Cara Membuat Hyperlink Di WPS Android

PLN 123 Tidak bisa dihubungi? Cara Menghubungi PLN (Nomor PLN) dari HP