Memindahkan Aplikasi Android Ke memory Eksternal

Pindai aplikasi anda dengan app manager. Kini aplikasi android sudah biasa dipindah ke memory eksternal menggunakan AppMgr. Mengapa aplikasi perlu dipindai ke memory eksternal? Tentu saja dengan tujuan memberikan atau meringankan kapasitas memory utama (internal). Dengan AppManager, anda dapat mengelola aplikasi, memindahkan aplikasi, dan menyembunyikan aplikasi.

Dalam hal mengelola aplikasi, ApMgr dapat membantu anda untuk meremove/ uninstal aplikasi, memindahkan aplikasi, melihat aplikasi di Google Play atau berbagi aplikasi yang terinstal dengan teman anda. Untuk mengelola aplikasi anda menggunakan AppMgr, silahkan tekan dan tahan ikon aplikasi, pilih aplikasi yang anda ingin kelola, lalu ketuk ikon tindakan terkait yang terdapat pada tool bar dibawahnya.

Untuk memindahkan aplikasi, dapat dilakukan baik ke penyimpanan internal atau eksternal melalui pengaturan sistem.
Pada jendela utama AppMgr terdapat tiga halaman utama berisi; DPT DIPINDAH, KARTU SD dan HANYA PONSEL. Berikut uraiannya;

Halaman DPT DIPINDAH

Jendela ini menampilkan aplikasi yang dapat dipindahkan yang terinstal pada penyimpanan internal perangkat. Anda dapat memindahkan sebuah aplikasi ke kartu SD dengan mengetuk ikon aplikasi. Menekan dan tahan ikon aplikasi anda untuk menguninstal, membuka jendela info aplikasi, atau menampilkan pilihan lainnya dengan drag-and-drop. Dengan catatan bahwa hanya aplikasi yang dapat dipindahkan yang akan ditampilkan pada jendela ini. Anda dapat menambahkan sebuah aplikasi yang dapat dipindahkan ke daftar hirauan dengan menekan dan tahan ikon aplikasi.

Halaman KARTU SD

Jendela ini menampilkan aplikasi yang dapat dipindahkan yang terinstal pada penyimpanan eksternal (kartu SD). Anda dapat memindahkan sebuah aplikasi ke penyimpanan internal dengan mengetuk ikon aplikasi. Menekan dan tahan ikon aplikasi akan menampilkan pilihan lainnya.

Halaman HANYA PONSEL

Jendela ini menampilkan aplikasi yang terinstal pada penyimpanan internal perangkat dan tidak mengizinkan anda untuk memindahkannya ke penyimpanan eksternal. Mengetuk ikon aplikasi akan membawa anda ke Google Play. Menekan dan tahan ikon aplikasi akan menampilkan kepada anda pilihan lainnya.

Fitur AppMgr

1. melihat semua aplikasi kartu SD yang mampu dan memindahkannya dengan mudah
2. memberitahukan jika aplikasi yang dapat dipindahkan terinstal
3. 1-ketuk untuk membersihkan semua cache
4. ekspor daftar aplikasi ke kartu SD
5. instal aplikasi dari daftar aplikasi yang diekspor
6. widget home screen menampilkan cache dab ukuran yang tersedia
7. menampilkan cache/data/kode/total ukuran aplikasi
8. tetap melacak total ruang penyimpanan dan yang tersedia
9. mengurutkan melalui aplikasi yang disimpan pada ponsel dan kartu SD
10. menambahkan aplikasi yang dapat dipindahkan ke daftar hirauan
11. memindahkan aplikasi kembali ke penyimpanan internal
12. melihat aplikasi di Market
13. menguninstal cepat aplikasi dengan drag-n-drop
14. membuka aplikasi
15. menampilkan halaman detail aplikasi
16. mendukung "Move2SD Enabler"
17. pemberitahuan suara, getar dan lampu yang disesuaikan

Untuk menyembunyikan Aplikasi,  Jendela utama berisikan halaman DPT SEMBUNYI dan TERSEMBUNYI.

Halaman DPT SEMBUNYI

Hanya aplikasi sistem (built-in) yang dapat disembunyikan. Jika sebuah aplikasi disembunyikan, anda tidak dapat melihat ataupun membukanya dari drawer aplikasi. Jendela ini menampilkan semua aplikasi yang dapat disembunyikan. Untuk menyembunyikan sebuah aplikasi, silahkan pertama-tama ketuk sebuah ikon aplikasi, lalu ketuk tombol "Disable" dari jendela "App info" berikut. Jika anda tidak melihat tombol "Disable" pada perangkat anda, anda harus terlebih dahulu mengetuk tombol "Uninstall updates".

Untuk memulai modus batch, anda dapat menekan dan tahan sebuah ikon aplikasi, pilih aplikasi yang anda ingin kelola, lalu ketuk ikon tindakan terkait dari tool bar dibawah.

Halaman TERSEMBUNYI

Jendela ini menampilkan aplikasi yang telah disembunyikan. Anda dapat menampilkan (tidak menyembunyikannya dari drawer aplikasi) sebuah aplikasi dengan mengetuknya dan kemudian ketuk tombol "Enable" dari jendela "App info" berikut.

Silahkan download AppMgr di google play store dengan keyword; AppMgr. Selamat mecoba
Catatan; tidak semua aplikasi dapat dipindahkan ke memory eksternal, hal ini tergantung pada aplikasi itu sendiri. Apakah mendukung untuk dipindahkan lokasi penyimpanan systemnya atau tidak,.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengisi Kode Pos di Pendaftaran Online Rekening BRI

Cara Membuat Hyperlink Di WPS Android

PLN 123 Tidak bisa dihubungi? Cara Menghubungi PLN (Nomor PLN) dari HP