Cara Menginstall Program Aplikasi Komputer



Cara Menginstall Program Aplikasi Komputer.
Program aplikasi berguna untuk memudahkan pekerjaan seorang user atau pemakai aplikasi tersebut. Sebut saja aplikasi microssoft office word, yang banyak digunakan untuk membuat file dokomen dokumen perusahaan atau instansi. Lalu sudahkah anda bisa melakukan instalasi program aplikasi computer? Pada postingan berikut berkaitan hal ini postmediaakan berbagai tutorial bagaimana cara menginstall program aplikasi computer.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa program aplikasi sangat banyak jenisnya, mulai dari aplikasi pengolah kata seperti Word, aplikasi converting file, game dan lain sebagainya. Namun pada tutorial berikut admin menggunakan aplikasi Gom Player sebagai contoh, yaitu sebuah aplikasi yang digunakan untuk memutar music ataupun video (video player).

Jenis aplikasi audio/ video player ini juga banyak, sebut saja Gom player, VLC Media Player, Windows Media Player dan lain sebagainya. Sesuai namanya, apliksi ini digunakan untuk memutar atau menjalankan file audio dan video. Pada computer dengan system operasi windows, biasanya sudah dilengkapi dengan Windows Media Player untuk memutar fiel audio seperti music, maupun video.

Pada dasarnya untuk melakukan instalasi program apliasi computer sangat mudah, terlebih bagi mereka yang sudah biasa dan sudah sering menginstall, walaupun pada umumnya sebagian besar aplikasi menggunakan bahasa inggris pada saat proses menginstall, namun pada intinya adalah bahasa bahasa yang digunakan pada proses instalasi adalah bahasa yang sangat umum dan sangat mudah dipahami.

Sebagai contoh, berikut ini adalah cara bagaimana melakukan instalasi program aplikasi pada GOM PLAYER, aplikasi audio dan video player..

Pertama, buka file instalasi lalu ekstrak/buka file tersebut dengan cara klik kanan>open, atau langsung saja klik 2X pada file instalasi. Maka akan muncul pesan yang intinya adalah untuk menkonfirmasi kembali apakah anda ingin menginstal aplikasi tersebut.
Klik saja Yes untuk memulai proses instalasi, selanjutnya anda akan melihat proses ekstrakting, yaitu system akan memuat file file aplikasi tersebut (loading)
PROSES LOADING FILE
Selanjutnya akan muncul window instalasi GOM PLAYER, Seperti yang terlihat pada gambar dibawah. Pada windows tersebut terlihat beberapa teks/pesan yang intinya adalah user dianjurkan untuk menutup semua aplikasi yang berjalan sebelum memulai proses intalasi.

JENDELA INSTALASI GOM PLAYER
Selanjutnya klik saja nekt untuk melanjutnkan instalasi. Pada window proses instalasi selanjutnya, seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini adalah sebuah halaman yang berisikan agreement atau persetujuan atas kebijakan dan peraturan penggunaan aplikasi kepada user atau pengguna aplikasi, dalam hal ini kita diminta untuk menyetujui lisensi agreement dari aplikasi tersebut. Maka selanjutnya klik I Agree untuk melanjutkan proses instalasi.
JENDELA INSTALASI GOM PLAYER
Untuk step/ langkah berikutnya klik saja next, dimana pada step ini tersedia opsional/ type instalasi pada program yang diinstal.
JENDELA INSTALASI GOM PLAYER
Selanjutnya klik Install
JENDELA INSTALASI GOM PLAYER
maka proses instalasi sebenarnya telah dimulai, yang mana system telah memuat file untuk kemudian aplikasi tersebut bisa dijalankan pada computer anda. (lihat gambar dibawah)
JENDELA INSTALASI GOM PLAYER
Untuk step terakhir klik saja finish, untuk menyelesaikan proses akhir instalasi. Pada step akhir ini menunjukkan bahwa proses intalasi sudah selesai dan aplikasi anda siap digunakan. So, itu dia postingan postmedia kali ini mengenai Cara Menginstall Program Aplikasi Komputer.

Comments

  1. Postnya cukup bermanfaat :D
    Permisi ya numpang posting

    Terima jasa pembuatan software komputer/sistem informasi (sistem informasi hotel, guest house, klinik, akademik sekolah, dll). Hubungi Fernandes 083834375641/ 75286D3B/ http://cvelecomp.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Mengisi Kode Pos di Pendaftaran Online Rekening BRI

Cara Membuat Hyperlink Di WPS Android

PLN 123 Tidak bisa dihubungi? Cara Menghubungi PLN (Nomor PLN) dari HP