Cara mematikan/menutup aplikasi komputer yang hang, macet, not responding

Cara mematikan/menutup aplikasi komputer yang hang, macet, not responding.Seringkali pengguna komputer mendapati aplikasi yang sedang dijlankan tiba-tiba hang, not respon ataupun macet sehingga ketika akan disclose/ ditutup, justru semaking ngeheng dan malah tambil blue screen yang akhirnya komputer juga ikut nge-heng/ error. Sebelum hal ini terjadi, paling tidak anda dapat menutup aplikasi yang bermasalah (macet) dengan cara menutup paksa aplikasi tersebut.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan aplikasi error, macet atau hang saat dijalankan diantaranya karna anda membuka aplikasi yang banyak secara bersamaan, memulai /mengoperasikan komputer ketika aplikasi belum terbuka atau tertutup dengan sempurna. Maksudanya setiap aplikasi ketika akan dijalankan pasti memuat data data sehingga aplikasi tersebut siap digunakan ( loading ) , aplikasi tidak kompatibel dengan system dan lain sebagainya.

Salah satu cara sederhana untuk mencegah hal hal diatas adalah sering sering melakukan refresh pada komputer sehingga jika anda menutup atau aplikasi, aplikasi akan tertutup dengan sempurna. Adapun cara melakukan refresh pada komputer adalah dengan cara mengklik kanan pada desktop kemudian pilih refresh. Lalu bagaimana dengan aplikasi yang tidak bisa ditutup ketika sedang dioperasikan?

Salah satu cara sederhana untuk mengatasi hal ini adalah dengan cara menutup paksa aplikasi yang sedang berjalan tersebut dengan cara menekan tombol ALT+F4, cara tersebut juga dapat anda gunakan untuk mentutup aplikasi dengan cepat.
Lalu bagaimana jika aplikasi tidak juga bisa di close walaupun dengan cara menekan tombol ALT+F4? Terlebih jika komputer sudah dalam keadaan hang, ditandai dengan blue screen pada layar? maka tombol ALT+F4 pun juga tidak bisa digunakan untuk mengembalikan komputer ke kadaan semula. Caranya adalah dengan cara menekan tiga tombol berikut ini secara bersamaan, yaitu CTRL+ALT+DEL.

Tekan tombol CTRL,ALT,Dan DEL secara bersamaan, selanjutnya pilih option yang anda inginkan, apakah ingin menutup semua aplikasi yang berjalan, membuka Task Manager untuk memberhentikan aplikasi yang sedang berjalan, ataupun Shutdown atau mematikan komputer.

Pilih salah satu option tersebut, pertama cobalah dengan membuka task manager pada option untuk membuka daftar aplikasi yang sedang berjalan, kemudian menutup aplikasi yang bermasalah  (macet). Atau jika tidak juga berhasil bisa dengan option kedua yaitu menutup semua aplikasi yang sedang berjalan, dan atau langsung mematikan komputer dengan option shutdown. Setelah anda melakukan cara cara diatas, diharapkan dapat mengatasi masalah anda berkaitan dengan aplikasi yang tidak bisa ditutup, aplikasi macet, komputer hang, ataupun blue screen.

Jadi intinya adalah, untuk menutup program/aplikasi komputer yang macet ataupun not responding, ada dua cara yang dapat dilakukan. Yaitu dengan cara menekan tombol ALT Dan F4 secara bersamaan. Dan jika aplikasi tidak juga bisa ditutup dengan cara tersebut, anda dapat melakukan cara yang kedua yaitu dengan cara menekan tombol CTRL, ALT dan DEL secara bersamaan, cara ini juga dapat digunakan untuk mengatasi komputer hang atau blue screen.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Mengisi Kode Pos di Pendaftaran Online Rekening BRI

Cara Membuat Hyperlink Di WPS Android

PLN 123 Tidak bisa dihubungi? Cara Menghubungi PLN (Nomor PLN) dari HP