Home » » Perbedaan kuota internet unlimited dengan ultimate

Perbedaan kuota internet unlimited dengan ultimate




Perbedaan kuota internet unlimited dengan ultimate| tentunya anda sudah pernah membeli paket internet bukan? Lalu taukah anda perbedaan paket unlimited dengan ultimate?. Perbedaan kedua kuota ini dibagi atas dua kategori, yaitu kategori hard limit dan soft limits.

Hard limit tidak boleh dilewati. Setelah seorang user mencapai hard limitnya, dia tidak akan mendapatkan tambahan alokasi baru pada file sistem tersebut. Sebagai contoh jika user tersebut mempunyai hard limit 500 blok dalam sebuah file system saat dia telah mengggunakan 490 blok, maka user tersebut hanya tinggal memiliki alokasi 10 blok. Jika dia mencoba untuk mengalokasikan tambahan 11 blok, maka usaha ini akan gagal karena sudah melewati hard limitnya, maka inilah yang disebut dengan kuota ultimate.

Sebaliknya soft limit dapat dilewati tapi hanya selama waktu yang telah ditetapkan. Periode ini dikenal dengan sebutan grace period, yang harga defaultnya adalah seminggu atau tujuh hari. Jika seorang user tetap mempertahankan kelebihan quota di batas soft limit lebih lama dari grace periodyang dimilikinya, maka soft limit ini akan berubah menjadi hard limit. Kemudian karena sifat hard limit, dia tidak akan memperoleh tambahan alokasi lagi. Saat user tersebut mengembalikan lagi pemakaian ruang disk di bawah batas quota yang dimilikinya, grace period akan diset ulang, itulah yang disebut dengan Unlimited.

Perbedaan kedua jenis kuota tersebut juga menentukan batas pemakaian yang dapat dinikmati oleh user. Kebebasan pemakaian kuota lebih terasa jika menggunakan paket unlimited, hal ini dikarenakan user dapat tetap menggunakan kuota walaupun  jumlah kuota yang diberikan telah habis (hard limit) hanya saja biasanya kecepatan akses akan diturunkan jika user telah mencapai batas hard limit tersebut. Dan tetap, user tetap dapat menggunakan softlimitnya sampai pada waktu yang telah ditetapkan.

Misalkan saja anda membeli paket internet unlimited dengan kuota 2Gb dan masa berlaku untuk 30 hari. Maka jika jumlah kuota 2Gb yang diberikan telah habis sebelum masa berlakunya habis, yaitu 30 hari dan kuota anda sudah habis dalam waktu 3 minggu, maka anda masih tetap bisa mengakses internet menggunakan kuota softlimit anda, namun jika pemakaian anda sudah mencapai batas waktu yang telah ditentukan yaitu 30 hari, maka anda tidak dapat lagi menggunakan kuota tersebut.

Jika menggunakan paket dengan kuota ultimate, keterbatasan jumlah kuota akan lebih terasa. Hal ini dikarenakan jika anda sudah mencapai hard limit anda, maka anda tidak dapat lagi menggunakan kuota anda. Sebagai contoh, anda membeli paket ultimate untuk 30 hari dengan kuota 2Gb. Jika kuota yang diberikan yaitu 2Gb telah habis sebelum 30 Hari maka anda tidak mendapat alokasi tambahan dan dengan demikian maka paket tidak bisa digunakan lagi.

Jadi intinya adalah jika pada paket ultimate kuota yang diberikan telah habis (mencapai hard limit) maka user tidak lagi dapat menikmati paket. Namun pada paket unlimited jika batas kuota telah habis (mencapai hard limit) maka user tetap mendapatkan alokasi tambahan/tetap dapat menggunakan paket sampai pada waktu yang ditentukan (softlimit).

0 komentar:

Post a Comment