Fenomena lucid dream dan sleep paralysis

Fenomena lucid dream dan sleep paralysis| pernah tidak ketika anda sedang bermimpi (umumnya malam hari) dan saat itu juga anda  menyadari bahwa itu adalah mimpi dan hal itu terjadi berulang ulang, itulah yang disebut dengan lucid dream. Umumnya ketika sebelum seseorang dapat mengalami lucid dream, mereka mengalami proses sebelumnya yang disebut sleep paralysis. Sleep paralysis adalah keadaan dimana ketika seseorang sedang tidur dan dia tidak dapat bangun dan bergerak beberapa saat setelah ia sebenarnya telah sadar dari alam bawah sadarnya. Keadaan seperti ini sering menjadi momok yang menakutkan bagi mereka yang mengalaminya. Apakah anda pernah mengalami sleep paralysis? Atau mungkin anda masih bingung tentang sleep paralysis tersebut? Akan saya jelaskan lebih spesifik lagi mengenai apa itu sleep paralysis.

Biasanya hal ini terjadi ketika seseorang telah sadar dari tidurnya dan ketika ia ingin bangun, ia mendapati bahwa tubuhnya tidak dapat bergerak sama sekali. Ketika seseorang mengalami hal ini biasanya mereka akan merasakan hal yang mistis, ya mereka akan merasakan seakan ada yang mendekap mereka, dalam hal ini sebagian besar orang yang mengalami sleep paralysis akan merasa dirinya di tindihi oleh makhluk aneh/ghaib. Selain itu mereka juga mendengar suara-suara aneh yang membisiki telinga mereka. Biasanya seperti jeritan-jeritan, suara tertawa dan sebagainya. Dan biasanya orang yang mengalami sleep paralysis akan berusaha bangun dari tidurnya. Tapi anehnya ketika mereka ingin sadar dan melawan keadaan mereka saat itu (sleep paralysis) justru mereka akan merasa semakin tidak berdaya dan kabarnya ada juga yang merasakan sakit pada bagian tubuh tertentu. Dalam masyarakat Jawa, sleep paralysis sering disebut dengan ditindihi setan.

Berlanjut ketika seseorang telah mengalami sleep paralysis maka mereka akan mengalami yang namanya lucid dream. Berbeda jauh dengan sleep paralysis, lucid dream justru menjadi hal yang menyenangkan. Jika pada sleep paralysis sering menjadi momok yang menakutkan, justru bertolak belakang dengan lucid dream. Bahkan bagi mereka yang sering mengalami lucid dream, mereka justru ingin mengalaminya berulang-ulang. Lau apa sebenarnya lucid dream itu? Seperti yang telah dijelaskan diatas, lucid dream adalah keadaan dimana ketika seseorang sedang bermimpi dan dia sadar akan mimpinya. Bagi mereka yang sering mengalami hal ini, maka mereka dapat mengatur sendiri jalan cerita dari mimpi mereka. Jadi seperti layaknya di dunia nyata, mereka dapat melakukan apapun dalam mimpi mereka.

 Source; Artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman penulis sendiri

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengisi Kode Pos di Pendaftaran Online Rekening BRI

Cara Membuat Hyperlink Di WPS Android

PLN 123 Tidak bisa dihubungi? Cara Menghubungi PLN (Nomor PLN) dari HP