Tips Aman Menggunakan Smartphone



Tips Aman Menggunakan Smartphone. Kecanggihan teknologi telah merambah ke berbagai sektor, salah satunya yang paling pesat perkembangannya adalah smartphone atau ponsel pintar. Dengan segala kecanggihannya, menjadikan smartphone sebagai perangkat yang tidak pernah lepas dari penggunanya. Dengan teknologi smartphone saat ini yang sudah bisa mengakses informasi dari internet, menjadikannya sebagai ancaman yang kalau tidak hati-hati dalam menggunakannya dapat merugikan penggunanya sendiri. Karena dengan perkembangan ini secara otomatis juga membawa resiko yang tinggi. Seperti yang dikutip dari Head of Communication Goole Indonesia, Jason Tedjasukmana, ada bebera tips keamanan Online di perangkat android anda. 

Pertama, soal kenapa kemanan di perangkat bergerak itu penting, Jason menganologikannyaa sama seperti membiarkan pintu rumah terbuka, ketika Anda pergi keluar rumah.

Pertama, mengatur kemanan pada ponsel anda. Anda dapat membatasi orang untuk membuka perangkat anda dengan menyiapkan/membuat penguncian layar. Tergantung dari system operasi perangkat anda, anda dapat mengatur kode, sandi, atau pola untuk mengunci perangkat anda.

Kedua, mengenai keamanan pemasangan aplikasi pada smartphone anda. Pikirkan sebelum menginstall sebuah aplikasi untuk menghindari ponsel mengunduh malware berbahaya. Yang perlu diketahui adalah, sebaiknya anda memasang atau mendownload aplikasi dari sumber resmi seperti Google Playstore untuk perangkat android atau iTunes di Iphone milik anda.

Selanjutnya, yakni Jaringan Wifi. Disampaikan Jason, berhati-hati dalam menggunakan koneksi internet menggunakan jaringan wifi yang tidak dikenal, seperti wifi terbuka di sebuah Kafe. Penyedia wifi bisa saja memantau lalu lintas di jaringannya, termasuk melihat informasi pribadi anda. Maka dari itu sebaiknya jangan memasukkan informasi pribadi seperti username dan password ataupun transaksi online saat anda menggunakan layanan wifi umum.

Yang terakhir adalah bagaimana cara mengetahui kokasi ponsel anda saat kehilangan perangkat atau kecurian. Bagi pengguna android, caranya bisa dengan mengaktifkan Android Device Manager, yang memungkinkan anda mengetahui lokasi ponsel melalui peta.

Itu dia tips trik menggunakan perangkat smartphone yang aman, semoga informasi kali ini bisa memberikan sedikit pegetahuan dan pesan, untuk lebih berhati hati dalam menggunakan perangkat pintar, karena kapan saja bisa terjadi hal-hal yang disebutkan diatas.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengisi Kode Pos di Pendaftaran Online Rekening BRI

Cara Membuat Hyperlink Di WPS Android

PLN 123 Tidak bisa dihubungi? Cara Menghubungi PLN (Nomor PLN) dari HP