Masalah Android: Antara Matot Dan Habis Baterai



Ya’elahh kirain hp matot ternyata Cuma habis baterai. Tapi memang ada yang agak aneh dengan android evercoss ini, tiba-tiba hpnya mati total tanpa ada tanda-tanda kehabisan baterai dan memang seingat saya baterainya waktu itu masih lumayanlah kira-kira 30% lalu masa ia tiba tiba dia mati padahal daya baterai masih 30%? Saya ambil kesimpulan ini hp mati total, matot. By the way saya posting artikel beginian karna saking senagnya ini hp sudah kembali normal dan bisa hidup kembali tanpa harus membawanya ke bengkel seluler. Karna sebelumnya saya sempat panik dan was was kalau kalau hp ini bener bener rusak dan kagak bisa dihidupkan lagi.

Sebelumnya saya menginstall sebuah aplikasi launcher gratis dari play store, tak berapa lama kemudian aplikasi tersebut macet dan akhirnya hp android evercoss at1c ini tiba-tiba mati dan jelas ini bukan karena kehabisan baterai, karna saya ingat betul baterainya waktu itu masih 30%. Begitu layar hp ini tiba tiba mati, kemudian tidak bisa lagi dihidupkan, walaupun sudah dicharge, tidak ada tanda tanda si hp melakukan pengisian daya. Beberapa jam saya biarkan hp di charge, tapi tetap saja pengisian tidak berjalan seperti biasanya. Lalu saya simpulkan hp evercoss saya benar benar mati total. Akhirnya saya biarkan hpnya selama lima jam’an lebih.

Saya buka google dan mencari solusi untuk android yang mati total “Cara Mengatasi Android Matot”. Saya baca satu artikel teratas yang membahas bagaimana cara mengatasi android yang matot maupun bootloop. Setelah dicermati, lalu mereka mengatakan hal seperti ini bisa diatasi dengan cara mereset android ke setelan pabrik, saya langsung praktek dengan ponsel saya yang matot ini, ternyata hp saya tidak bisa masuk ke reset factory lalu saya berpikir, namanya juga matot, bagaimana bisa direset sementara si hp sendiri kagak mau hidup? Jelas cara ini tidak berhasil dan saya semakin putus asa. Dari pada di banting, mendingan dimuseumkan aja di lemari, pikir saya.

Bebapa jam kemudian saya coba charge siapa tau ini hp bener bener kehabisan baterai, terhitung sudah lebih dari sepuluh kali saya charge hp ini dan ternyata tidak ada tanda tanda pengisian daya, bahkan sudah saya biarkan di charge selama satu jam lebih, tetap tidak ada perubahan. Tadinya sempat yakin bahwa hp ini kehabisan baterai tapi setelah beberapa kali di charge tetap tidak ada tanda tanda kehidupan/ pengisian akhirnya saya kembali berpikir bahwa hp ini benar benar mati total titik.

Beberapa jam kemudian akhirnya saya iseng iseng charge kembali dengan harapan hpnya memang habis baterai. Dan benar saja ternyata sekarang android evercoss sudah bisa mengisi daya dengan pengisian awal 1% lalu saya biarkan sampai dayanya benar benar penuh. Tapi bagaimanapun saya tetap heran kenapa setelah beberapa kali saya cas tidak bisa mengisi daya dan justru setelah sekian banyaknya saya charge ulang barulah hpnya bisa dicas dan bisa mengisi daya.

Comments

  1. gan kelanjutannya trus gmn? hp saya juga gitu 1% mulu dalam keadaan mati lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang sudah bisa gan, itu menurut ane karena baterai bener bener habis total sehingga di charge pun ngisinya lama

      Delete
    2. PUNYA SAYA JG KEJADIANE SAMA NGECAS HANYA 1% TRUS APA TRUS DI CAS

      Delete
  2. solusi lain charge saja pakai charger kodok atau biasa disebut charger desktop (yang proses chargingnya lepas battery itu)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini solusi yang tepat untuk yang makai hp bongkarpasangable, bisa dibongkar pasang... tapi sayang hp ane tab evercoss at1c yg ga bisa di lepas baterainya :(

      Delete
  3. saya juga sedang ngalamin ni, hp mati total. Biasanya kalau dicas pun ada gambar sedang mengisi batre. Ini enggak.. trus harus tetep dicas aja gitu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, kalau baterai bisa dilepas pake charger desktop biar lebih cepat mengisinya

      Delete
    2. @Rindah: terus gimana hape kamu skrg?hapeku jga skrg sama persis kasusnya kayak kmu...q pake samsung note 1 terus gmna ini hiksss

      Delete
  4. Gan HP ane jg gini, sebelumnya jg uda ganti batere karna ane Kira rusak, skrng gini grgr terlalu low gadicas, masalahnya uda ane cas pake casan kodok jg gangaruh, apa baterenya rusak lg?

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. ga usah panik, dicas saja ntar ngisi juga meskipun lama masuknya, kalau baterai removeable pake cas kodok biar cepet

      Delete
  6. mau nanya dong, ini hp saya juga lagi ga bisa diidupin.. padahal aku cas pake cas desktop dia penuh baterainya.kalau tak cas pake casan biasa dia ga ngerespon apa2.. itu kira2 kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu bisa jadi port usb nya ada yg putus mba..coba dicek pke cas an lain, kalo gk masuk berarti ditanya ke service center nya aja..

      Delete
  7. Bner2 lama ya, harus terus di cap aja gitu? Ni handphone suami juga gitu tiba2 matot, di Cas gx ada respon... Itu berapa lama di cap nya kira2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba pakai cas kodok/destop biar lebih cepat mengisi..

      Delete
  8. gan mau nanya ini waktu lg matot terus dicasnya brp lama kira2? soalnua tablet sy sudah mati dr kemarin sampe skrg blm bs hidup.. pdhl udah di charge berkali2:(

    ReplyDelete
  9. kasusx sama ky ane evercross a75a ru beli 10 hari...mpe skrg matot ga bisa di ces..gara" habis donload d apk d google..apa bukan kena virus ya?? awalnya layarnya sentuhnya ga konek di sentuh trus mati..apa kira" kasusx sm ky pny agan kah...kasih masukkan dong gan,,tq

    ReplyDelete
  10. Gan gimana ni bantu dong hp sya mati tiba2 ketika main sambil cas dan sekarang tak nyala2 lagi ketika di cas

    ReplyDelete
  11. Tab saya juga sekarang lagi matot, dicas cuma blinking led warna biru doang... Haduh :v

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Mengisi Kode Pos di Pendaftaran Online Rekening BRI

Cara Membuat Hyperlink Di WPS Android

PLN 123 Tidak bisa dihubungi? Cara Menghubungi PLN (Nomor PLN) dari HP