Cara Membuat Partisi Baru Di Windows



Membuat partisi baru di windows. Kali ini adalah cara membuat partisi baru di windows 7 maupun windows 8, caranya sama saja, namun dalam praktek ini saya menggunakan windows 7. Cara membuat partisi kali ini adalah dengan melalui Disk Management di windows. Ketika membuat partisi baru ini hal yang perlu diperhatikan adalah besaran volume yang akan dibuat. Ketika membuat partisi baru, kita akan mengurangi volume dari partisi yang sudah ada untuk di alokasikan ke partisi yang baru tersebut, seberapa besar volume partisi baru yang dibutuhkan segitulah setidaknya anda mengurangi jumlah/ ruang di hardisk yang suda ada. Jika terlalu besar mengambil ruang maka hardisk di data D misalnya akan langsung penuh karna semua ruang kosongnya sudah di alokasikan untuk membuat partisi baru, jangan sampai hal ini terjadi karna nanti data D nya tidak bisa digunakan lagi karna penuh. Berikut cara membuat partisi baru di windows.

Yang pertama silahkan buka aplikasi Disk Management di komputer. Untuk menemukannya dengan cepat anda bisa menggunakan tombol START di komputer, pada pencarian ketikkan “ Disk Management” lalu klik enter. Sekarang kurangi volume yang ada di drive D untuk ruang partisi barunya. Caranya, klik kanan pada drive D dan pilih “Shrink Volume” (Lihat gambar berikut)

Tunggu beberapa saat proses Shrink nya, anda akan melihat widow seperti berikut, ubah angka pada “enter the amount of space to shrink in MB” sesuai dengan ukuran partisi yang anda inginkan. Misalnya anda inginkan kapasitas di partisi baru tersebut 8 GB, maka tetapkan angkanya 8000 (dalam satuan MB). Semakin besar anda menetapkan angka ini maka semakin berkurang kapasitas hardisk di drive D begitu juga sebaliknya. Klik Shrink untuk melanjutkan

Kembali tunggu prosesnya beberapa saat. Lihat kembali pada disk management dan cari drive dengan status “unallocated” dengan ukuran volume yang telah ditentukan tadi dan klik kanan pada drive “unallocated” tersebut, pilih “New Simple Volume..
Nah, sampai disini klik next next saja sampai selesai (Finish…) pada volume label, buat nama drive anda atau nama apa saja lalu klik next kembali sampai finish

Selesai, sekarang cek partisi baru anda di file explorer akan muncul drive baru disana. Begitulah cara membuat partisi baru di windows, .

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengisi Kode Pos di Pendaftaran Online Rekening BRI

Cara Membuat Hyperlink Di WPS Android

PLN 123 Tidak bisa dihubungi? Cara Menghubungi PLN (Nomor PLN) dari HP