Android: Cara Membuka Aplikasi Google Play Store

Untuk membuka aplikasi google play store di android, anda cukup membuka daftar aplikasi anda dan meng-klik icon market google play store. Play store adalah toko aplikasi aplikasi buat Android. Tapi ingat, aplikasi google play store pada perangkat seluler berjalan pada system operasi android mulai dari versi 2.2 atau Froyo dan versi versi diatasnya. Artinya jika ponsel android anda memiliki versi yang lebih rendah di bawah versi 2.2 (froyo) maka aplikasi google play store tidak tersedia pada ponsel anda melainkan hanya aplikasi Android market.

Aplikasi google play store telah terpasang di perangkat seluler yang didukung yang menjalankan OS Android versi 2.2 (Froyo) dan di atasnya. Jika anda memiliki perangkat android yang lebih lawas, anda akan menggunakan aplikasi Android Market, Bukan aplikasi Google Play Store.” ( Google Play Store).

Lalu bagaimana cara mengetahui versi OS android anda? Silahkan anda buka menu Setelan=> Tentang ponsel/ tentang tablet dan cari Versi Android. Dengan begitu anda akan mengetaui versi system operasi (OS) Android anda dan mengetahui apakah ponsel anda mendukung untuk aplikasi google play store. Namun seiring berjalannya peningkatan-peningkatan versi android, agaknya versi 2.2 ke bawah sudah jarang digunakan. Lanjut ke Cara Membuka Aplikasi Google Play Store..

Buka aplikasi Goole play Store

Untuk menemukan dan membuka aplikasi Google Play Store, buka peluncur aplikasi dan sentuh ikon Play Store ( Google Play Store..)

Membuka aplikasi Google Play Store memang mudah, tapi terkadang ada masalah lain yang mana aplikasi tidak terlihat, Aplikasi Google Play Store Tidak Ada, Aplikasi play store tersembunyi dan sebagainya. Ada beberapa solusi untuk mengatasi hal ini tergantung pada masalah yang anda hadapi. Jika sebelumnya anda pernah menghapus aplikasi google play store, maka anda harus menampilkannya kembali agar aplikasi tersebut dapat anda gunakan. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah tiga hal yang perlu anda perhatikan ketika Aplikasi Google Play Store Tidak ada.

1. Pastikan bahwa anda menggunakan perangkat Android yang didukung.
Seperti yang saya katakana sebelumnya, aplikasi Google Play Store terpasang pada perangkat (Android) yang berjalan pada Android Versi 2.2 atau Froyo dan di atasnya. Jika ponsel anda hanya mendukung untuk versi OS yang berjalan di bawah versi 2.2 maka Google Play Store Tidak Tersedia, melainkan aplikasi Android Market.

2.Mungkin anda telah menyembunyikan aplikasi tersebut. Jika demikian, maka anda harus mengaktifkannya kembali.

Pada ponsel yang menjalankan Android 4.0 atau versi yang lebih tinggi, memungkinkan anda untuk menonaktifkan aplikasi Google Play Store yang sebelumnya sudah terpasang (install) pada perangkat anda. jika anda menonaktifkan aplikasi ini, maka aplikasi tersebut tidak akan terlihat pada ponsel anda. lalu bagaimana sebenarnya cara menonaktifkan dan mengaktifkan Aplikasi Di Android?

Menonaktifkan aplikasi system yang terpasang sebelumnya.

1. Buka menu Setelan pada ponsel anda
2. Pilih Aplikasi
3. Sentuh aplikasi system yang ingin di nonaktifkan
4. Pilih Nonaktifkan

Begitulah cara menonaktifkan Aplikasi pada ponsel android. Apakah anda pernah melakukan hal ini pada aplikasi Google Play Store anda? maka anda perlu mengaktifkannya kembali.

Mengaktifkan kembali aplikasi sitem yang telah terpasang sebelumnya

1. Buka menu Setelan pada Ponsel anda
2. Gulir untuk melihat daftar Semua aplikasi
3. Gulir ke bawah daftar tersebut untuk melihat aplikasi system yang di nonaktifkan
4. Sentuh aplikasi yang ingin anda aktifkan kembali
5. Pilih Aktifkan
Pengaturan selesai, aplikasi tersebut dapat dilihat dan dibuka dari layar aplikasi utama anda.

3. Nonaktifkan dan aktifkan kembali ponsel anda, lalu cari aplikasi.

Jika cara nomor 2 telah anda lakukan namun aplikasi Google Play Store masih tetap tidak terlihat/tidak ada, anda dapat melakukan restart (matikan dan hidupkan kembali) pada perangkat android anda.
Jika aplikasi Google Play Store masih belum muncul, ada baikknya anda menghubungi operator atau pabrikan anda untuk mendapatkan bantuan. Ingat, bahwa anda tidak dapat mendownload aplikasi Google Play Store--- baik anda telah memilikinya ataupun tidak.

Untuk membuka Playstore anda, buka aplikasi tersebut dengan cara klik icon aplikasi playstrore di daftar aplikasi anda, untuk pertama kalinya, anda mungkin perlu memasukkan Username dan Password akun google anda. seperti akun Gmail anda. anda bisa menggunakan akun yang sudah ada, atau membuat baru akun google anda.. Jika sudah login dengan akun google anda maka anda dapat mulai mengunduh aplikasi apa saja di playstore...

Referensi:
Support.google.com/googleplay

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengisi Kode Pos di Pendaftaran Online Rekening BRI

Cara Membuat Hyperlink Di WPS Android

PLN 123 Tidak bisa dihubungi? Cara Menghubungi PLN (Nomor PLN) dari HP