Cara Membuat Shortcut Aplikasi, File atau Folder



Bagaimana cara membuat shortcut aplikasi?
Bagaimana cara membuat shortcut file atau folder?
Bagaimana cara menghapus shortcut?
Bagaimana cara menyembunyikan shortcut?

Bagaimana Cara Membuat atau Menampilkan Shortcut Aplikasi?

Mungkin tidak semua shortcut dari aplikasi pada komputer anda telah tampil di desktop atau layar. Atau bisa jadi anda tidak sengaja menghapus shortcut yang telah tampil di desktop atau layar komputer. Lalu apakah kita bisa menampilkan kembali shortcut aplikasi tersebut agar tampil di desktop? Tentu bisa,  lalu bagaimana cara menampilkan kembali shortcut  tersebut?

Untuk menampilkan shortcut aplikasi, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:
Sebagai contoh,  saya akan menampilkan sebuah shortcut aplikasi dari microsoft office  word yang sebelumnya tidak ada atau tidak tampil di layar desktop.  Untuk menampilkan shortcut aplikasi tersebut, KLIK STARTkemudian cari aplikasimicrosoft office word. Jika  sudah ketemu, klik kanan dan pilih SEND TO=>DESKTOP (Create Shortcut)

Gambar: Cara membuat Shortcut Aplikasi

Begitu juga dengan aplikasi yang lain, untuk menampilkan shortcutnya pada desktop, anda cukup mencari lokasi dari aplikasi tersebut kemudian klik kanan dan pilih send to desktop. Maka shortcut aplikasi akan tampil di desktop.

Bagaimana Cara Membuat atau Menampilkan Shortcut File atau Folder?

Terkadang kita juga ingin membuat atau menampilkan shortcut dari file atau folder yang ada pada file explorer, tujuannya adalah agar dapat dengan mudah dan cepat untuk mengakses file tersebut. Sebut saja file Mp3 atau musik,  folder album foto dan lain sebagainya. Lantas bagaimana cara membuat atau menampilkan shortcut file atau folder agar tampil di desktop komputer?  Tidak jauh berbeda dengan shortcut aplikasi, untuk menampilkan shortcut file atau folder juga sangat mudah. Berikut caranya:
Buka lokasi file anda pada file explorer, berikutnya KLIK KANAN pada file tersebut dan pilih SEND TO => DESKTOP (Create Shortcut) maka file tersebut akan tampak pada desktop anda.

Gambar: Cara membuat Shortcut File Folder

Bagaimana Cara Menghapus Shortcut?

Pernahkan anda merasa tidak nyaman dengan adanya sebuah shortcut aplikasi yang menurut anda tidak pantas untuk di tampilkan di desktop? Lantas anda ingin menghapus shortcut tersebut? Mudah saja. Anda cukup klik kanan pada shortcut kemudian pilih DELETE.  Maka shortcut tersebut tidak akan terlihat lagi pada desktop.

Bagaimana Cara Menyembunyikan Shortcut?

Mungkin tidak semua orang betah dengan adanya shortcut pada desktop mereka, lalu apakah kita bisa menghilangkan sementara shortcut shortcut tersebut? Sehingga yang tampil pada desktop hanyalah sebuah background atau wallpaper  anda tanpa adanya banyak shortcut yang biasanya memenuhi layar desktop? Dengan kata lain kita bisa menyembunyikan shortcut tersebut dari desktop. Lalu bagaimana cara menyembunyikan shortcut? Berikut caranya:

KLIK KANAN PADA DESKTOP => pilih VIEW dan hilangkan tanda ceklis pada option SHOW DESKTOP ICONS.  Dengan begitu maka semua shortcut pada desktop tidak akan terlihat.

Gambar: Background desktop tanpa shortcut

Untuk menampilkan  kembali shortcut tersebut, KLIK KANAN PADA DESKTOP =>  VIEW = > dan beri tanda ceklis pada Show Desktop  Icons.

Terima kasih telah membaca artikel ini, Semoga bermanfaat dan semoga artikel ini dapat membantu dan menjawab atas informasi yang anda cari.

Penulis: Ridwan

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengisi Kode Pos di Pendaftaran Online Rekening BRI

Cara Membuat Hyperlink Di WPS Android

PLN 123 Tidak bisa dihubungi? Cara Menghubungi PLN (Nomor PLN) dari HP