Cara mem-password flashdisk

Cara mempassword flashdisk
Untuk memberi password pada flashdisk dapat dilakukan dengan mudah dengan mengaktifkan BITLOCKER pada komputer, dengan begitu kita tidak perlu lagi repot repot menggunakan software untuk mempassword flashdisk. Adapun yang dapat dipassword menggunakan bitlocker adalah drive USB seperi flashdisk dan Drive D atau Data D ataupun Drive lain selain Drive atau Data C. Jika anda ingin mempassword data data tersebut, anda dapat menggunakan Fungsi BitLocker ini. Untuk mengaktifkannya anda cukup mengklik kanan pada Drive, baik itu flashdisk, ataupun Drive D kemudian pilih TURN ON BITLOCKER. Untuk lebih jelasnya ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. buka file explorer anda dan klik kanan pada drive yang ingin anda password, jika menggunakan flashdisk maka klik kanan pada flashdisk tersebut kemudian pilih TURN ON BITLOCKER.

2. pilih bagaimana cara anda ingin memproteksi flashdisk tersebut, dalam hal ini tersedia tiga pilihan yaitu menggunakan PASSWORD, smart card, dan otomatis. Karna dalam hal ini kita akan melakukan password pada flashdisk maka pilih option USE A PASSWORD TO UNLOCK THE DRIVE, dengan cara memberi centang pada option tersebut.

3. setelah anda memilih option ini maka selanjutnya tentukan atau buat password anda, silahkan isi form-nya sesuai dengan kata sandi yang anda inginkan.

Type your password: silahkan isi dengan kata sandi atau password yang anda inginkan, bisa menggunakan kata, nomor, spasi ataupun simbol. Harap gunakan password yang mudah anda ingat.

Retype your password: silahkan di isi dengan password yang sama yang telah anda tentukan tadi, intinya retype password adalah untuk mencocokkan kata sandi anda yang pertama atau mengkonfirmasi kebenaran password yang anda buat, jadi isi form retype password sama dengan yang terdapat pada Type your password diatas.

Jika anda sudah menentukan kata sandi maka selanjutnya klik next untuk melanjutkan..

4 .akan muncul window option keamanan Bitlocker, dalam hal ini anda diberikan beberapa opsi untuk membuka atau mengakses flashdisk yang telah anda password tadi jika saja anda lupa dengan password anda, jadi pada opsi ini kita dapat memilih bagaimana cara untuk pemulihan keamanan untuk dapat mengakses kembali Data-data anda pada flashdisk yang telah anda password dan anda lupa kata sandi tersebut.

Dalam hal ini pilih opsi yang kedua yaitu: Save the recovery key to a file untuk menyimpan data keamanan tersebut pada file explorer anda. Selanjutnya setelah anda menklik option ini maka akan muncul window atau jendela baru yang mana anda dapat menentukan lokasi dimana key tersebut akan anda simpan. Selanjutnya klik Save untuk menyimpan.

5. setelah anda menyelesaikan tahap nomor lima diatas maka selanjutnya klik NEXT untuk melanjutkan dan pada langkah terakhir ini anda akan melihat window yang bertuliskan Are you ready to encrypt this drive?  Setelah anda yakin ingin mempasword flashdisk maka klik START ENCRYPTING untuk menyelesaikan pengaturan. Pada proses ini memerlukan waktu beberapa menit, tunggu prosesnya hingga selesai dan

SELAMAT .. flashdisk anda telah berhasil diberi password.

Itulah lima langkah mudah mem-password flashdisk menggunakan Bitlocker, semoga artikel ini bermaanfaat ..

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengisi Kode Pos di Pendaftaran Online Rekening BRI

Cara Membuat Hyperlink Di WPS Android

PLN 123 Tidak bisa dihubungi? Cara Menghubungi PLN (Nomor PLN) dari HP