Home » » Tips membeli ponsel android

Tips membeli ponsel android

Jika anda tengah membeli ponsel baru khususnya android, ada baiknya anda mengetahui spesifikasi android yang akan anda beli tersebut. Atau malah jika anda ingin membeli smarthpone yang baru. Anda harus menetahui/ mengecek gadget anda tersebut ,mengenai spesifikasi yang terdapat didalamnya. Mulai dari dapur pacu alias procecor, versi android, kapasitas Ram, kapasitas memory internal, daya battrey dan lain sebagainya. Karna itu semua sangat berpengaruh pada kualitas, kapasitas, konektifitas, ataupun kemampuan ponsel anda dalam memenuhi kebutuhan penggunanya.

Lalu bagaimana cara melihat spesifikasi tersebut? Anda dapat melihat langsung spesifikasi ponsel anda dengan cara berikut.
1. Jenis processor (CPU).
Anda pernah mendengar dual core atau quad core? Ini adalah jenis kecepatan (dapur pacu) pada android. Dalam hal ini ponsel dengan processor jenis quad core akan lebih baik dibandingan dengan posel yang hanya mengusung processor jenis dual core.

2. Melihat jenis konektifitas data.
Lihat apakah ponsel anda mendukung koneksi 3G atau tidak atau yang lebih tinggi diatas 3G. Semakin bagus jenis koneksi tentu akan memudahkan anda dalam hal mengakses internet. Untuk mengetahui hal ini, anda dapat membuka menu setting> Wireless and networks> Mobile networks. Perhatikan apakah ada option layanan 3G atau tidak. Jika ada, maka ponsel sudah mendukung untuk 3G.

2. Perhatikan kualitas kamera.  Anda suka berpotret ria? Jika ia maka perhatikan seberapa besar kapasitas Mp ( mega pixel) pada kamera. Mp (mega pixel) berkaitan dengan kerapatan hasil gambar yang diambil dari kamera. Semakin tinggi pixel pada kamera maka gambar yang dihasilkan akan semakin bagus.

3. Lihat versi android.
Versi android terbaru saat ini adalah kitkat, dan dibawah versi kitkat ada jelly bean, ICS, Froyo dan lain lain. Semakin terbaru versi android maka akan berpengaruh terhadap aplikasi yang hanya support pada jenis android versi terbaru tersebut nantinya.

4. Kapasitas memory internal. Tentu anda sudah paham mengenai hal ini. Memory internal adalah memory yang sudah ditanamkan langsung dalam ponsel. Memory internal ini sangat berguna untuk menampung aplikasi anda nantinya. Jadi semakin besar kapasitas memory internal maka semaki bagus dalam pengoptimalan ponsel.

5. Daya tahan batteray.
Hal ini juga patut dipertimbangkan, apa gunanya jikalau ponsel dengan spek yang tinggi tapi hanya bisa digunakan 2 jam? Tentu anda harus berkali kali melakukan charging bukan?. So perhatikan juga hal yang satu ini.

Semua jenis spesifikasi diatas dapat anda lihat langsung di menu setting pada ponsel. Untuk melihat kapasitas memory internal misalnya, anda dapat melihatnya pada strorage yang terdapat di menu pengaturan android. Atau bisa juga mengetahui spesifikasi pada ponsel dengan bertanya langsung pada penjual, baik itu mengenai kualitas kamera, versi android, fitur dan lain sebagainya. Atau sebelum anda membeli ponsel yang anda inginkan, ada baiknya mereviewnya terlebih dahulu di internet. Saat ini banyak situs situs yang membahas harga ponsel android, daftar ponsel android dengan spesifikasi terbaik dan harga terjangkau, ataupun perbandingan mengenai kelebihan dan kekurangan dari masing masing ponsel.

0 komentar:

Post a Comment