Membuat file/folder kedalam format winrar



Membuat file/folder kedalam format winrar (mengekstrak file ke winrar) dapat kita lakukan dengan mudah. Sebenarnya ada beberapa manfaat ketika kita menyimpan file kedalam format winrar. Diantaranya file akan lebih kebal terhadap serangan virus, selain itu dengan cara ini file menjadi lebih rapi karna diringkas dalam format winrar. Lalu bagaimana cara mengekstrak sebuah file ke winrar? Berikut adalah cara mengekstrak file/folder kedalam format winrar.


Pastikan anda sudah mengistal aplikasi winrar, atau jika anda belum memiliki aplikasi winrar tersebut anda bisa download pada link berikut: download winrar. Setelah diinstal, buka file/folder yang akan diekstrak pada file explorer anda. Selanjutnya klik kanan pada file tersebut lalu pilih>Add to “nama-folder-anda.rar” sehingga file/folder tersebut akan diekstrak kedalam format winrar. Dalam hal ini anda akan memiliki duplikat file dengan nama yang sama, hanya saja salah satunya adalah file/folder dengan format winrar yang telah anda buat.
 



Cara yang kedua untuk mengekstrak file ke winrar adalah sebagai berikut:
Buka aplikasi winrar, kemudian buka file/folder yang akan diekstrak. Klik pada file/folder tersebut lalu klik “Add” pada menu kiri bagian atas. Selanjutnya klik “Ok” untuk mulai mengekstrak file tersebut kedalam format winrar.



Nah itu dia bagaimana cara mengekstrak file ke winrar. Namun  Biasanya kita mendapati file hasil download dengan format winrar sementara kita ingin menghapus format tersebut untuk memudahkan mengakses file. Sebut saja file mp3 yang dikemas dalam format winrar semantara itu jika kita ingin memutar file tersebut kita harus membuka winrar terlebih dahulu barulah kita dapat menjalankan file. Lalu bagaimana cara menghapus format rar pada folder tersebut? Berikut ini cara menghapus format winrar pada file/folder.
 
Untuk mengembalikan atau menghapus kembali format winrar pada file/folder anda, klik kanan pada file/folder lalu pilih> Extract to nama-folder/

 


Maka file atau folder anda akan kembali menjadi folder biasa yang tidak memiliki format winrar. Begitulah cara memberi format winrar pada file/folder, maupun sebaliknya menghapus format tersebut dari file/folder anda.
 

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengisi Kode Pos di Pendaftaran Online Rekening BRI

Cara Membuat Hyperlink Di WPS Android

PLN 123 Tidak bisa dihubungi? Cara Menghubungi PLN (Nomor PLN) dari HP