cara mudah menyembunyikan file/folder computer pada file explorer



Pada tutorial berikut akan dibahas tentang bagaimana cara menyembunyikan suatu file atau folder computer pada file explorer anda. Sehingga folder tersebut tidak terlihat pada file explorer. Cara ini adalah cara yang paling sederhana untuk melindungi data kita baik itu berupa file ataupun folder yang bersifat pribadi, sehingga kita tidak begitu khawatir ketika teman atau kerabat memakai laptop kita. Tapi jika data tersebut sangat penting, hendaknya anda menggunakan proteksi yang lebih aman.


Sebut saja menggunakan folder lock misalnya, ataupun menggunakan software password file sejenis sehingga dapat memberikan keamanan yang lebih terhadap data-data penting anda. Baik berikut ini adalah cara bagaimana menyembunyikan file ataupun folder computer dengan option hidden pada file explorer. Untuk menyembunyikan (hidden) file/folder ini dapat dilakukan pada windows Xp, Windows 7, maupun Windows 8. Langsung saja simak cara menyembunyikan file/folder computer berikut ini.


Pertama silahkan buka file ekplorer anda kemudian cari file atau folder yang akan disembunyikan, kemudian klik kanan pada file/folder tersebut dan pilih Properties.
 

Selanjutnya anda beri tanda ceklis pada option hidden, sehingga folder tersebut akan tersembunyi dari file explorer anda. Setelah di beri ceklis kemudian klik “Ok” untuk menyimpan pengaturan.
 

Jika anda ingin membatalkan tujuan anda untuk menyembunyikan file/folder tersebut ataupun anda ingin menampilkan kembali file tersebut, klik kanan pada halaman kosong di tempat dimana latak file atau folder tersebut kemudian klik properties> kemudian hilangkan ceklis pada option Hidden. Dengan begitu file/folder akan terlihat kembali.
 


Atau anda dapat menampilkan kembali file/folder tersebut dengan cara masuk ke menu control panel dengan cara klik tombol win/start lalu ketikkan “Control Panel” pada kolom search. Selanjutnya pilih> “Appereance and personalization”
 

Berikutnya klik “Show hidden files and folder”.  Beri ceklis pada “Show hidden files, folder or drivers kemudian klik” Ok”. Dengan begitu file/folder akan terlihat kembali.


Nah itu dia bagaimana cara menyembunyikan file/folder computer pada file explorer, untuk proteksi yang lebih aman pada file anda, anda dapat menggunakan software folder lock atau software sejenis. Sehingga keaman data anda dapat lebih aman.


 
 

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengisi Kode Pos di Pendaftaran Online Rekening BRI

Cara Membuat Hyperlink Di WPS Android

PLN 123 Tidak bisa dihubungi? Cara Menghubungi PLN (Nomor PLN) dari HP